Saturday, April 14, 2012

Uzuki / April



Uzuki
April



Hana-mi dango
Kue manis ini terbuat dari tepung beras kukus yang ditumbuk dengan pemukul kayu yang besar. Ada dua jenis kue dango, yang berwarna cokelat dilapisi dengan selai kacang, sedangkan yang berwarna kuning dipanggang dengan kecap asin. Hani-mi dango terkenal di tahun 1800-an sebagai kue yang disajikan pada orang-orang yang menikmati mekarnya bunga sakura.



Hana-mi (menikmati mekarnya bunga sakura) Ketika pohon sakura berbunga, banyak rombongan orang yang banyak mengunjungi taman-taman yang terkenal dengan bunga sakura, seperti taman Ueno di Tokyo. Mereka datang tidak hanya untuk mengagumi mekarnya bunga sakura tetapi juga untuk berkumpul di bawah cabangnya untuk makan, minum dan untuk menikmati waktu yang menyenangkan.


Mulainya musim bisbol profesional Bisbol adalah olah raga profesional yang paling digemari di Jepang. Terdapat dua liga profesional — Pusat dan Pasifik. Setiap liga mempunyai enam tim. Pertandingan dimulai pada bulan April dan baru selesai bulan Oktober, ketika juaranya diputuskan dalam Seri Jepang.




Anda tahu ketika musim semi tiba... Di Jepang ketika musim semi tiba ujung rebung keluar dari atas tanah. Saat itu warga Jepang mulai mengalinya untuk di makan. Selain rebung, tanaman liar dan tanaman bambu lainnya memberitahukan bahwa musim semi telah tiba. Taaman liar tersebut diantaranya adalah tara no me (kuncup tanaman fatsia), seri (seledri Jepang), fukinoto (bunga butterbur), dan udo (Aralia cordata).




Upacara masuk sekolah dan Perusahaan
Foto di samping menunjukkan beberapa anak siswa baru yang bangga dan mungkin agak sedikit gelisah menghadapi upacara masuk sekolah. Awal bulan April sebuah upacara diadakan untuk menandai dimulainya tahun-tahun mereka di sekolah yang baru. Tahun ajaran di Jepang dimulai pada bulan April, dan perusahaan serta departemen pemerintahan memulai tahun fiskalnya pada bulan April juga. Banyak karyawan baru yang di gaji sebagai pegawai penuh mulai bekerja pada bulan April. Institusi pendidikan dan perusahaan keduanya mengadakan upacara penyambutan. Para pelajar, orang tua dan anggota keluarga lainnya mengikuti upacara sekolah, para karyawan baru mengikuti upacara perusahaan.

  • Awal April
    • Upacara masuk sekolah dimana di semua wilayah Jepang dimulainya tahun ajaran baru.
    • Upacara masuk perusahaan di Jepang.
    • Dimulainya musim bisbol profesional.
    • Menikmati mekarnya bunga sakura atau yang biasa di sebut hana-mi. Pada saat itu bunga sakura yang mekar banyak di berbagai wilayah Jepang.
  • Seluruh bulan April
  • Miyako Odori (Tarian tradisional di Kyoto) Tarian berwarna-warni ditampilkan oleh Geigi (Geisha) dan Maiko (murid Geisha) dari Gion-machi, Kyoto. 
  • Tanggal 6 sampai 15
  • Kampanye Keselamatan Lalu Lintas Seluruh Negeri di Musim Semi Dua buah kampanye masing-masing 10 hari diadakan setiap tahun—sekali di musim semi, yang lainnya di musim gugur. Para pengendara bermotor diingatkan tentang peraturan lalu lintas dasar, dan pelajaran tentang keselamatan berkendaraan diberikan kepada para pelajar muda.
  • Tanggal 8
  • Kanbutsu-e (Peringatan hari ulang tahun Budha) Upacara keagamaan di kuil Budhis merayakan kelahiran Budha. Sebutan umum untuk upacara ini adalah Hana-matsuri (Festifal Bunga). Sebutan lainnya adalah Bussho-e dan Kotan-e.
  • Tanggal 11
  • Mochigase no Nagashi-bina (boneka kertas hina diletakkan disungai yang mengalir di Mochigase-cho, PropinsiTottori)
  • Tanggal 11 dan 12
    Yoshino Hana Ku E Shiki, di kuil Kinpusen-ji, Yoshino-cho, Propinsi Nara.
  • Tanggal 12 sampai 15
    Festival Sanno, di Kuil Hiyoshi, Otsu, Propinsi Shiga.
  • Tanggal 13 sampai 17
    Festival Yayoi, di Kuil Futarasan di Nikko, Propinsi Tochigi.
  • Tanggal 14 dan 15
    Festival Musim Semi Takayama, di Kuil Hie, Takayama, Propinsi Gifu Tempat suci yang dibawa dan selusin atau lebih kereta hias di arak oleh peserta berkeliling kota. Kereta hias diarak oleh peserta berkeliling kota. Kereta hias dihiasi kerajinan emas dan pahatan yang sangat indah, juga karya seni yang mengagumkan seperti bendera yang dibordir, semuanya menunjukkan keahlian para pekerja di daerah Hida.
  • Tanggal 18
    Hari Penemuan.
  • Tanggal 20
    Hari Pos dan Telekomunikasi.
  • Tanggal 21 sampai 29
    Drama komik kyogen Mibu,
    di Kuil Mibu-dera, Kyoto.
  • Tanggal 29
    Midori no Hi
    (Hari Penghijauan)
    Diperingati sebagai hari libur Nasional. Sebuah hari untuk berhubungan dengan alam, berterima kasih untuk berkatnya, dan memandang kehidupan dengan lebih santai. Liburan ini dulunya digunakan untuk memperingati hari ulang tahun Kaisar Showa (berkuasa tahun 1926-1989). Kini, juga di peringati sebagai hari kesenangan terhadap tanaman dan biologi.


16 comments:

  1. Saya dulu suka mendukung Hawks, tim yakyu (bisbol) dari Fukuoka :D.... Jepang itu memang selalu membawa kenangan tersendiri bagi saya

    ReplyDelete
  2. pantesan di komik konan bsibol selalu ada dan itu kadang membuatku ga ngerti kalo kasusnya tentang bisbol..
    :P

    ReplyDelete
  3. Wew, pngen ke jepang tapi gk ngerti bahasanya.. :D

    ReplyDelete
  4. wihiii. doain aku ke jepang yang 2 bulan lagi. serius. tapi doain aja. belum tau juga. hihihi makin pengen kesana aja baca postingan ini

    ReplyDelete
  5. di jepang lagi musim semi yaa..
    kemarin Aul liat di metro TV. ada liputan n wawancaranya.
    kayanya asyik banget bisa makan2, ngobrol2 sm temen2 di bawah pohon sakura.

    di indonesia mana adaaa...
    :'(

    eh tapi minggu lalu Aul pergi ke bunkasai yg diadain kampus.
    ada sakura buatannya.
    trus nyoba makan2 sama foto2 di depannya.
    lumayan seru juga.
    hihihi

    *obsesi*

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. tapi udah beralih ke soccer kayaknya.... :P

      Delete
    2. Bisbol masih ada, begitu juga soccer malah rame.

      Delete
  7. ga ngertilah tentang budaya jepang, saya serahkan aja sama yang punya blog ini ...

    "udah lama ga dateng kesini. keknya nih blog makin bagus aja ^^"

    ReplyDelete
  8. wah lengkap sob jadi tahu rutinitas orang jepang setiap bulan april

    NB
    maaf ane ane agak bingung setiap masuk sini. di homepage kosong tidak ada aktifitas,, jadi muter muter nyari arsip baru ketemu posting ini. mohon konfirmasi

    ReplyDelete
  9. jadi pengen tau rasanya kumpul-kumpul dibawah pohon sakura...

    ReplyDelete
  10. kalo di Indonesia, april, siswa2 sma lagi pada UN. hahaha

    ReplyDelete
  11. Ternyata orang Jepang tak beda dengan orang Indonesia ya: doyan makan rebung..
    Kalo diolah dengan baik, rebung bisa jadi enak banget sih..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...