Friday, November 11, 2011

Multitasking, Multitalenta apa Multilanguage?


Mejaku yang selalu rapi.

Banyak orang bertanya-tanya apa sih kerjaanku di kantor? Dulu-dulu sudah saya singgung tapi tetep aja banyak yang tidak percaya apa kerjaku koq bisa sebegitu santainya. Saya sendiri bingung apa kerjaku di kantor? Nah loh...konyolsampai saya juga bingung mau jawab bagaimana lagi, emang kerjaanku seperti itu mau dijawab apa lagi? Untuk menjawab semua postinganku yang terdahulu disini saya jabarkan lebih detail apa saja, dan ngapain saja di kantor.

Ini foto waktu saya di kantor yang layaknya seperti sedang berada di rumah. Memang ini rumah diperumahan kawasan Surabaya Selatan disulap menjadi perkantoran jadi bisa bebas ngapain aja yang penting sopan, seperti selogan "Bebas tapi sopan".Bisa di bandingkan foto di postingan kemarin dan sekarang. "di kantor kok bebas bisa main game, atau bebas bisa download apa pun" mungkin itu pertanyaan yang sering muncul. Iya kalau kerjaanku sudah beres semua, saya bebas ngapain saja tanpa terkecuali. Misal pada jam makan siang pengen ke Mall dekat dengan Royal bisa makan siang di situ bahkan pada jam sibuk saya bisa keluyuran kemana yang aku suka. Malah ada yang lebih gila lagi jam kantor saya nonton bioskop lumayan dari pada tiketnya hangustersenyum lebar. Intinya saya di sini mempunyai tanggung jawab atas segala apa yang saya perbuat.

Sebenarnya saya lulusan sastra Jepang. Tapi kerjaku disini merangkap segala aspek dan segala bidang. Tapi pekerjaan utama saya adalah sebagai marketing buku pengajaran bahasa Jepang. Satu-satunya buku Minna no Nihongo yang diterbikan di Indonesia dan itu diterbitkan oleh kantor tempat saya bekerja yang telah mendapatkan lisensi dari 3A Network Corporation yang beralamatkan di Shoei Bldg, 2-6-3, Sarugaku-cho, Chiyoda-ku, Tokyo 101-0064 Japan.


Inilah penampakan buku Minna no Nihonggo series.


Jadi semua Universitas yang ada jurusan Bahasa Jepang bukunya memesan pada kantor tempat saya bekerja. Seperti UNSADA (Universitas Dharma Persada) -Jakarta, UNJ (Universitas Negeri Jakarta) -Jakarta, UGM (Universitas Gajah Mada)-Jogja, UNPAD (Universitas Padjadjaran)-Bandung, USU (Universitas Sumatera Utara)-Medan, UNHAS (Universitas Hasanuddin)-Makasar, UB (Universitas Brawijaya)-Malang dan semua lembaga kursus bahasa Jepang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, tanpa terkecuali Toko buku besar seperti KINOKUNIYA-Jakarta. Jika ada yang memfotokopi atau memperbanyak buku tersebut siap-siap berurusan dengan hukum.

Sekarang logikanya disini, saya jurusan Sastra bekerja dibidang marketing. Saya sendiri berfikir apa saya bisa mengerjakan itu semua? Well...merangkak dari bawah dengan susah payah akhirnya saya bisa menguasai bidang itu, tapi tidak semahir dan seprofessional para pakar di bidangnya itu. Tidak goblok-goblok amat dan juga tidak mahir-mahir amat tapi yang penting saya bisa meski harus belajar menggunakan buku tutorial tentang Office. Sehingga mengerti juga tentang rumus absolut dan semi absolut. Sudahlah saya tidak mau mebahasnya lagi ketahuan kalau saya goblok dalam bidang matematika makanya memilih jurusan sastra.


laporan yang harus saya kerjakan setiap hari mengenai data penjualan.

Sebetulnya mencari karyawan yang mahir di bidang marketing atau yang berhubungan hitung-hitungan bisa saja, tapi apa bisa membaca data atau surat-surat bertuliskan huruf Jepang terutama huruf Kanji yang jumlahnya ribuan. Sampai-sampai orang jepang sediri ada yang tidak hafal dengan hurufnya sendiri. Pernah dulu sewaktu jaman kuliah, saya berdebat dengan dosen saya sendiri dari Jepang tentang huruf kanji yang salah coretanya. Sebenarnya berjumlah 20 coretan apa 21 coretan? beda satu coretan beda arti. Huft.....!!! Seperti pada file di bawah ini aku sampai bingung sendiri mana file Invoice dan mana file kuitansi, karena hanya beda satu huruf saja. Hehehehe......memusingkan. Setidaknya kantor ini berhubungan dengan Jepang jadi ya semua serba Jepang.


File Invoice, file Purchase Order, file Penawaran dan file kuitansi.

Ketika akhir tahun seperti sekarang ini saya harus mempersiapkan royalti yang harus di bayar ke 3A Network. Besarnya royalti harus dibayar dengan Yen bukan Rupiah. Jadi harus menukarkan IDR menjadi JPY dulu kemudian di transfer ke BOT (Bank Of Tokyo) Surabaya yang berada di Hotel Bumi Surabaya. Pernah dulu bayarnya kurang berapa puluh yen gitu karena rate yen pada hari itu ganjil trus uang Yen nya genap ditambah BOT (Bank Of Tokyo) Surabaya tidak punya kembalian, akhirnya diakumulasikan ke tahun berikutnya, artinya kantor saya punya hutang. Saya yang pertama kerja dulu sempat takut, bagaimana caranya membayar royaltinya?


Bendera Jepang dan Indonesia yang bertengger di samping monitor.


Ini stempel "LUNAS" tulisan Jepangnya kayak gitu.

Selain sebagai marketing saya merangkap segalanya. Nah loh...apa coba kalau bukan babu namanya? Jadi saya mengerjakan sesuatu yang bisa di kerjakan di kantor tempat saya bekerja ini. Sehingga Job Desc yang tersusun rapi tidak ada gunanya, semua melenceng dari aturan. Contohnya ntara lain :

Saat buku cetakan datang dari percetakan berjumlah 2000 eksemplar. Saya berubah menjadi kuli, saya harus mengangkatanya sendiri, menyusunnya sendiri, mengaturnya sendiri, menghitungnya sendiri dan menyetoknya sendiri. Ya iya lah...masak orang lain. Mungkin dalam hati bertanya, apa tidak ada OB atau teman kantor lainnya yang bisa membantu? jawabannya "ADA". Tapi sebenarnya bukan OB karena dia masih saudara dari si BOZ, dan kerjaan dia ada di Cafe yang jadi satu dengan kantor, berdiri setelah kantor saya pindah lagi untuk yang terakhir kali. Masalah Cafe kapan-kapan saya ceritakan. Jadi saya tidak berani menyuruh atau minta bantuan selagi dia tidak respect terhadap segala situasi yang ada di kantor ini. Karyawan lainnya cewek semua ada cowok satunya lagi tapi sedang pergi ke Jepang karena mendapat beasiswa. Kapan giliran saya kejepang? Ngimpi Loe!

Kalau komputer rusak dalam hal softwear pasti saya yang betulin. Bukannya saya sombong, saya jurusan sastra tapi interest sekali terhadap bidang komputer sehingga apa saja yang rusak selalu saya yang betulin, kecuali rusak pada hardware nya saya tidak sanggup, langsung lari ke rumah sakit komputer terdekat. Seperti Office jadul 2003 harus expansi ke 2007 itu juga saya sendiri yang ngoprek dari internet. Corel rusak saya lagi yang ngoprek. Komputer kena virus saya lagi yang scan. Printer macet karena catrige jam saya lagi. Pokoknya saya selalu di obrak-obrak kalau ada apa-apa. Pernah dulu saya sempat bertanya kepada senior karena saya lagi kesal banget "dulu sewaktu saya belum kerja di sini, kalau rusak siapa yang betulin?" "ya ke tukang service" jawabnya singkat. Saya langsung senyum sinis meninggalkannya tanpa berkata apa-apa. Dalam hati kenapa tidak di panggil saja tukang service dari pada saya terus yang kena getahnya.

Ketika ada event tertentu pasti butuh spanduk, banner, brosur atau poster, kalau sudah begitu siapa lagi yang sanggup membuatnya? di rental pasti tidak ada font Jepang nya trus orangnya gak bisa nulis Jepang. Alhasil dengan daya kreatifitas dan imaginasi tingkat tinggi saya berhasil membuat poster EJU yang lolos seleksi dari Jepang. Sampai 3 kali revisi entah saya heran sama orang Jepang sungguh terlalu perfect dalam hal sepele seperti itu. Detail banget meriksanya, dari font sampai logo. Dan yang bikin tambah pusing jenis font yang di haruskan kantor saya tidak punya, mau tidak mau menggambar font demi mendekati kemiripan font tersebut.

Pas kebanjiran siswa dan dosen pengajarnya kurang, saya maju menjadi pengajar. Sebenarnya jurusan sastra tidak didik jadi pengajar, dengan berbekal ilmu tersebut dan ilmu yang saya dapat dari tempat saya bekerja, saya sedikit bisa cara mengajar. Dulu pas kuliah saya bisa menyerap ilmu yang saya pelajari, tantangan sekarang adalah bagaimana saya menyampaikan ilmu tersebut kepada siswa-siswa. Karena bahasa Jepang cara pembelajarannya tidak sama seperti belajar "Ini Budi" sewaktu jaman SD dulu. Sedangkan saya orangnya berwatak keras apalagi mendapatkan murid yang seperti ini saya benar-benar nyerah dan angkat tangan menangani anak kecil yang hiperaktif seperti itu. Seperti di kelas ada tujuh murid, dari ke enam murid menyatakan paham hanya ada satu pentolan murid yang mbulet dan masih belum paham. Sabar mas bro...kendalikan emosimu.putus asa

Nah... saat ini mendekati Ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test) yang diselenggarakan global di seluruh dunia pada tanggal 4 Desember 2011 kesibukan bertambah karena si BOZ selain ngurusin kantornya beliau juga seorang ketua jurusan bahasa di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jadi kantor tempat saya bekerja juga mendapatkan kesibukan ngurusin formulir JLPT se Jawa Timur. Kalau wilayah Jakarta di UI (Universitas Indonesia) dan Japan Foundation, gak tau lagi saya selain di situ mungkin juga ada di tempat lainnya. Kalau di Jogja jelas hanya ada di UGM (Universitas Gajah Mada).

JLPT itu sejenis kayak TOEFL, di JLPT ada tingkat level yang harus di ikuti oleh peserta tergantung kemampuannya. Level 1 sampai level 4, Level 4 basic dan level 1 advance. Bagi perusahaan Jepang yang ada di Indonesia mereka mematok Level 2 untuk bisa bekerja di perusahaannya, mereka tidak mau tahu anda lulusan dari Universitas terkenal apa tidak. Jadi, meski lulusan UI tapi kalau tidak mempunyai sertifikat JLPT level 2 anda belum tentu bisa masuk di perusahaan Jepang yang menjamur di Indonesia kayak jamur di musim penghujan. Ini pengalaman saya pribadi sewaktu melamar kerja di Jakarta, saya tidak punya level 2 hanya punya level 3 saya ditolak secara halus dipersilahkan menunggu atau saya mengikuti test JLPT level 2 dikemudian hari.

Tugas lainnya...ketika si BOZ berada di ruangannya beliau teriak-teriak memanggil saya, pasti ada sesuatu yang terjadi pada laptop, PC atau apa pun itu. Pasti ada aja yang terjadi entah file yang di transfer dari Jepang bermasalah, program Outlook yang macet, file PDF yang nggak bisa dibuka atau tanya yang gak penting seperti cara download video dari youtube. Hehehehe....tersenyum lebarmungkin beliau tahu ya kalau saya mainan download sehingga langsung bertanya tepat pada sasaran.

Pernah dulu juga minta ajarin membuat blog, akhirnya saya buatkan di wordpress dan sekarang nggak ke urus karena saking sibuknya. Trus tanya bagaimana cara mengirim broadcast di BB, Lha...padahal saya kan ndak punya BB, tapi untung saya pernah utek-utek BB nya temanku jadi gak begitu gaptek. Nah...ini yang bikin otak ku bekerja extra, bagaimana caranya nulis font Jepang di Tab Android si BOZ yang baru di belinya. OMG...akhirnya aku oprek sana oprek sini nemu juga. Kalau di PC mah gampang karena sudah tersetting dari bawaan windows XP atau Windows 7.

Dengan seabrek pekerjaan yang melebihi job desc yang diberikan, apakah saya harus mengeluh? tentu tidak karena saya menikmati pekerjaan ini. Waktu yang berdetak di jam dinding kantor terasa begitu cepat tahu-tahu sudah jam 4 sore seperti sekarang ini. Saya menikmati dunia ini, tanpa melanggar aturan-aturan yang melanggar batas, tapi ada satu aturan yang sekarang sudah jarang dijalankan. karena apa saya juga tidak tahu, hanya waktu yang bisa menjawabnya. Jadi apa termasuk Multitasking, Multitalenta apa Multilanguage? What Ever lah...terkejut

Note : Oh iya ngomong-ngomong saya pengen belajar autocad pengen bisa gambar rumah idaman sendiri. Terlalu berlebihan.

Copyright © arqu3fiq 2011

24 comments:

  1. Semoga bisa menggambar untuk rumah sendirinya mas.
    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's B,og

    ReplyDelete
  2. perasaan ngebaca nya kerjaannya seabrek2 sob,, kok yo iso sempet ngegame yo,, berarti bahasa jepannya lancar nih ya,, kalau man and the moon di bahasa jepangkan gimana sob bentuknya penasaran.com

    ReplyDelete
  3. cusces gan :D ane dukung lewat doa deh ckck

    http://onthe7.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. jika semua itu kita jalani pake passion.. tentunya akan selalu menyenangkan bukan kang :) mantafff.. sukses terus buat akangnya :)

    ReplyDelete
  5. sebaiknya sobat memang cocok jadi pengajar, hehehe karena sobat orang yang sabar dan berwawasan luas. (bahasa pada khususnya) ini hanya kira kira, heheheh happy blogging

    ReplyDelete
  6. saya enggak bisa multitasking mas hahahaha

    ReplyDelete
  7. uwahhhh... baru nemu orang yang kerja di "jepang"
    salute.. berasa di jepang nggak tuh, buku2 n peralata kantor semua jepang. terus apa ngomong sama bos dan temen2 juga pake bahasa jepang? wew.. keren... btw kasih info dunk, standar kursus bahasa jepang itu berapa berbulan nya? aku dulu pernah ikut sebentar di kampus.. tapi gatot karena banyak bentrok

    btw kunjungi balik yah.. :)

    ReplyDelete
  8. ternyata sibuk banget. saya pengen belajar di jepang. tapi gak tahu jalurnya. salam kenal dari guru SD

    ReplyDelete
  9. wah,,,sastra jepang,,,
    keren mas,,
    kerja masih bisa ngesim,wakakka
    jadi pengen,,
    tapi yang pengennya aku diajari bahasa jepang mas,hohoh

    ReplyDelete
  10. wah luar biasa perusahaan nya. asik tuh kalo kerja sesuai dengan hobi dan minat. dan bisa luang waktu ngeblog nya. ah kerjaan yang di idam idam kan. success ya mas

    ReplyDelete
  11. salut sekali Ar :) .... kalau kamu liburan atau cuti pasti kantormu kelabakan ya :) ... kerjanya seabrek begitu

    btw, membuat gambar rumah idaman ? why not, nggak berlebihan kok, semoga segera terwujud impaiannya ya

    ReplyDelete
  12. sastra jepang ternyata menghasilkan praktisi hebat, sastra arab paling jadi ustad. hehehe

    ReplyDelete
  13. mantap gan, pengen tapi gak jadi hhee

    ReplyDelete
  14. Melihat gambar yang pertama, pengen sekali mempunyai meja sendiri.

    ReplyDelete
  15. Hah??
    Tidur di gudang mas???
    Yang bener aja!
    apek si capek, tapi masak tidur di gudang?
    Hehehe..

    ReplyDelete
  16. multitasking adalah bekerja sambil buka facebook he he...

    ReplyDelete
  17. Luar Biasa sobat ruanganya tadi.Kapan saya bisa punya seperti itu ya?Multi talent.

    ReplyDelete
  18. Kerjaanmu keren ya oom.. santai jg klo semua udah kelar! hebat..

    ReplyDelete
  19. mas kalo mau beli buku minna no nihongo untuk kursusan bahasa jepang gimana caranya? ada no.kontak yg bisa dihubungi? arigatou gozaimasu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kontak ke 031-8299052 kantor I'Mc Center Minna no Nihongo publishing.

      Delete
  20. Mas, publisher nerbitin buku basic kanji book juga ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak I'Mc:

      WA: +62813-3024-2284
      LINE: imc.center

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...