Wednesday, May 2, 2012

Hari Ulang Tahunku



B
umi telah memainkan perannya dengan baik, berputar dua puluh empat jam selama tiga ratus tiga puluh lima hari. Dan kini tinggal beberapa jam lagi genap sudah menjadi tiga ratus tiga puluh enam hari. Itu berarti usiaku sudah tidak muda lagi. Dalam hitungan jam aku berulang tahun.

Ya, aku ulang tahun besok, dan aku semakin terpojok menghadapi kenyataan ini. Kenyataan pahit yang harus aku telan mentah-mentah. Betapa tidak pahit, semua aku lalui dengan susah payah mempertahankan kehidupan untuk mencapai kebahagiaan. Meski kehidupan yang aku lalui tidak semulus yang aku bayangkan, dan sekali lagi, tanpa ada rasa penyesalan yang paling dalam, aku masih tetap bersyukur kepada Allah SWT walau kebahagian tak sebanding dengan penderitaan yang aku alami. Hanya diary digital inilah yang menemaniku dikala suka dan duka. Dan intinya aku bahagia dalam sekala menengah. Itu menurut penilaianku.


Harapan apa yang aku minta dalam usiaku yang ganjil ini? aku tidak muluk-muluk, hanya kebahagiaan saja yang aku minta. (tertawa bahagia menggambarkan kesedihan) Sungguh ironis memang, tapi mungkin semua tahu dengan uang kebahagiaan bisa di beli. Dan mungkin juga ada sebagian orang yang tidak setuju kalau uang bisa membeli kebahagiaan. Aku menghargai semua pendapat itu, tergantung individu kita masing-masingbagaimana menyikapai suatu permasalahan. Oke...Fine! intinya kita butuh uang untuk hidup.

Ngomong-ngomong tentang ulang tahun, aku sangat terharu dengan moment perayaan ulang tahunku ketika aku bekerja awal-awal di kantor ini. Aku sempat menitikkan air mata, betapa tidak, seumur-umur aku tidak pernah menerima kado ulang tahun dan meniup lilin. Aku bahagia banget waktu itu mengetahui kalau semua orang kantor perhatian sama aku.

Dari kecil aku tidak pernah merayakan ulang tahun, Aku tidak pernah merasakan saat-saat indah meniup lilin di atas kue tart yang dihiasi oleh bunga-bunga cokelat yang manis. Hanya meniup lilin saat lampu di rumah kembali menyala setelah pemadaman dari PLN. Aku tidak pernah tersenyum lebar saat menerima kado ulang tahun dan aku tahu itu karena kebiasaan seperti itu tidak ada dalam keluargaku sehingga aku tidak menuntut macam-macam. Apakah aku salah telah dilahirkan di keluarga yang jauh dari budaya perkotaan. Dan apakah aku salah tidak menuntut orang tuaku untuk merayakan pesta ulang tahunku pada waktu itu. Tidak! aku tidak salah, karena semua itu benar dalam didikan orang tuaku.

Saat mengetahui hari ulang tahunku telah tiba, aku sengaja berdiam diri tanpa memberitahukan kepada orang kantor. Jam kantor sudah menjukkan pukul empat menandakan saatnya aku undur diri. Aku dikejutkan oleh alunan lagu "Happy Birthday" dari seorang mbak rekan kerja yang membawa sepotong kue tart dan diatasnya ditancapkan sebuah lilin. Seketika itu aku kaget dan terharu. Aku nggak menyangka kalau ada kejutan yang membuat mataku berkaca-kaca. Aku mencoba menahan aliran air mataku supaya tidak meleleh keluar. Satu persatu mengucapkan selamat kepadaku. Aku hanya bisa membalas ucapan terima kasih kepada semuanya. Dan puncaknya, aku menerima kado. Kata mereka kado tersebut tidak seberapa. Bagiku apa pun pemberiannnya aku terima dengan ikhlas dan bahagia. Well...itulah pertama kalinya dalam seumur hidup aku menerima kado dan meniup lilin di atas kue tart. Aku tidak bisa menyembunyikan kebahagianku waktu itu.

Semuanya tampak indah bila saat itu datang tepat pada waktunya. I love you Dad & Mom, I always be the best just for you.

47 comments:

  1. wah, ulang tahun ya?
    yang penting saya kebagian kue nya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nanti saya kirim kue tartnya. Hehehe...

      Delete
  2. Setiap Bornday kita menganggapnya sangat spesial dan itu wajar, apalagi dirayakan pastilah sgt mmbahagiakan..
    bornday juga harusnya menjadi refleksi kehidupan yang sudah lewat, jatah hidup yang telah kita ambil dan menjadi perenungan untuk masa hidup sisa yang di berikan Tuhan kedepannya.

    Sukses terus sodara...Allah memberkahi setiap langkahmu

    ReplyDelete
  3. yupz.. dan sekarang lilin itu sudah berhasil anda padamkan dari kehidupan. selamat di hari ulang tahun sibat ini, karena sobat sudah berhasil memadmkan amarah yang berujud api di kue tersebut,, met milat n happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, happy blogging juga.

      Delete
  4. selamat memperingati hari lahir sob..
    semoga kedepannya lebih baik lagi :-)

    ReplyDelete
  5. Di kunjungan perdana ini gua langsung ngucapin happy birrrrday!
    Selamat hari burung ya.
    May Universe Bless You.
    Dan salam kenal mamen.

    ReplyDelete
  6. Happy birthday yaaaah.. aduh gw baru buka blog lu sekarang, kayaknya udah lewat berapa hari gitu ya? hihihiii..
    tapi belum telat2 amat lah. semoga sukses terus yaaah, dan tercapai semua cita2 lu. ke Jepaaaaaang yaaaaay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gpp Mil, dari pada tidak sama sekali. Thank you ya.

      Delete
  7. Happy B'day!
    Mdh2an apa yang dicita2kan dan kebahagiaan yang diimpikan di tahun ini dikabulkan olehNya. Amin...

    Cheers up! ^_^

    ReplyDelete
  8. wah cerita yang tragis, hanya menium lilin waktu mati lampu? whaaaaaa.. dapet salam dari KD, kasian deh lu. hahah.
    sabar gan, sekalinya di rayain, kan mantap tu di kantor, semua orang tau. dan meriah sepertinya. selamat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp deh dapat salam dari KD, yang penting gue bahagia. Terima kasih bro.

      Delete
  9. Selamat merayakan hari jadi yah.... Kok sama, di kantor ku juga dulu begitu. Setiap kali ulang tahun, pasti dirayain. Cuman sekarang, saya merasa sudah terlalu tua untuk merayakan ulang tahun, lebih memilih berkomtemplasi... (makanya di FB, tgl lahir saya tidak dimunculkan hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...sama, FB gue juga aku hiden tanggal lahirnya. Emang kalau sudah tua lebih memilih untuk silent. Hehehe...Terima kasih Cipu Kun.

      Delete
  10. wah, kunjungan perdana, eh udah ulang tahun :D
    selamat...

    ReplyDelete
  11. happy birthday sob, semoga selalu berkelimpahan berkah :)

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Yah...gak telat koq, dari pada tidak sama sekali. Mukuchi yaw.

      Delete
  13. asiiik bagi2 kue tartnya dooooonk....
    :D
    makan makan... makan makan...

    met ultah ya sob, moga panjang umur, sehat selalu, byk rizki, ketemu jodoh kalo blm ketemu. hehe..

    oya, sebagai hadiahnya, ada award utkmu sob, mohon diambil diartikel terbaruku ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti gue kirim kue tartnya. Terima kasih ucapannya. thanks awardnya.

      Delete
  14. happy birthday mas bro... may ur dreams come true.... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya Nuel. Moga sukses juga dirimu.

      Delete
  15. icikiciw ternyata dia ultah. jadi umurnya bertambah atau berkurang nih.
    tapi sepertinya emang special banget tuh haru yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umurnya bertambah tapi usianya berkurang. Terima kasih ya.

      Delete
  16. met ultah ya, sukses selalu :) salam kenal :)

    ReplyDelete
  17. wah akhirnya di rayain juga ya bang, hahahha. tapi dengan penuh kejutan lagi, jadi berkesan di hati dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sangat berkesan sekali. Terima kasih kawan.

      Delete
  18. selamat ulang tahun... sukses selalu :)

    ReplyDelete
  19. selamat ulang tahun arque... semoga panjang umur, sehat selalu, dan selalu memberikan artikel-artikel terbaik :-)
    sorry nih gua udah jarang mampir di karenakan banyak kerjaan duniawi yang blm terselesaikan....

    ReplyDelete
  20. untung kejutannya ga aneh2 yah, kalau temanku pernah dapat kejutan ultah dan dia dapat hadiah "timpukan telur" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai dengan karma kalau itu, saya gak pernah nimpuk pake telur pas ultah teman, jadi ya Alhamdulillah seumur hidup gak pernah kena timpuk telur. Terima kasih kawan.

      Delete
  21. ulangtahun...
    artinya tambah tua..
    dan harus semakin mikir..
    :)

    ReplyDelete
  22. MOmemt Ultah semoga bs jd kontemlasi diri menjadi pribadi yg lebih baik..so happy b'day and all the best ya sob:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...