Wednesday, May 16, 2012

Satsuki / Mei



Satsuki
Mei
Kashiwa Mochi
Kue beras ini berisi selai kacang dan dibungkus menggunakan daun ek. Kue Mochi ini dimakan selama festival Tango no Sekkyu, yang dirayakan pada tanggal 5 Mei.

Koi-nobori (bendera ikan koi)
B
endera berbentuk ikan koi "berenang" di udara, memperlihatkan birunya langit di awal bulan mei. Keluarga menghias langit diatas rumah mereka dengan bendera-bendera seperti kaus kaki angin ini untuk merayakanTango no Sekku (hari Anak-anak, 5 Mei), dan untuk mengharapkan kesuksesan dan kesehatan yang baik untuk anak laki-laki di rumah. Ikan koi besar berwarna hitam (ma-goi) melambangkan Ayah, yang berukuran sedang berwarna merah (hi-goi) melambangkan Ibunya, dan yang kecil melambangkan anak laki-laki. Bendera lima warna melambangkan rumah, dan semuanya berarti keluarga bahagia.


Picture by: The mainichi Newspapers Co.
29 April sampai 5 Mei
"Golden Week" atau pekan emas.
Hari libur Golden Week adalah akhir pekan pada akhir bulan April sampai awal pekan pada awal bulan Mei. Liburan ini sudah diberlakukan pada tahun 1948 yang jatuh pada tanggal 29 April sampai 5 Mei. Golden Week biasa disingkat dengan sebutan GW. Dalam bahasa Jepang sering disebut Ōgata renkyū (大型連休).

Selama "Golden Week" banyak orang mengambil kesempatan dalam hari libur panjang untuk pergi berlibur. Kemacetan lalu lintas yang membuat frustasi di jalan raya menjadi umum selama masa ini.

Tanggal 3 Mei
Kenpō kinen-bi [憲法記念日] Hari Peringatan Konstitusi
Hari libur ini memperingati hari pelaksanaan konstitusi di Jepang. Hari libur ini merupakan serangkaian hari libur yang tergabung dalam "Golden Week". Konstitusi baru di Jepang diumumkan tanggal 3 November 1946, mulai diberlakukan tanggal 3 Mei 1947 dan ditetapkan tahun 1948.

Hari konstitusi dimaksudkan untuk memperingati pelaksanaan konstitusi Jepang, dan berharap supaya negaranya menjadi maju. Anak-anak Jepang yang di lahirkan tahun 1948 sering di beri nama yang mengandung unsur aksara kanji yang bermakna hukum atau undang-undang, yaitu kanji Ken [憲]. Seperti nama Kawasaki kenjirō [川崎憲次郎], Endō kenichi [遠藤憲一], Ōshiokenji [大潮憲司] dan masih banyak lagi nama yang berunsur kanji Ken [憲].

Tanggal 3 dan 4 Mei
Festival Hakata Dontaku [博多どんたく] adalah festival yang diselenggarakan setiap tanggal 3 dan 4 mei setiap tahunnya. Festival Hakata Dontaku adalah festival terbaik dan terbesar di kota Fukuoka.

Tanggal 3 sampai 6
Festival Kurayami di Kuil Okunitama di Fuchu, Propinsi Tokyo.

Tanggal 4
Kokumin no Kyujitsu, hari libur Nasional.

Tanggal 5
Kokumin no Hi (Tango no Sekku) Hari anak. Sebagai simbol dikibarkan bendera Koi Nobori.

Tanggal 6 (kira-kira)
Rikka (Awal musim panas) Ini adalah waktu ketika tanaman mulai tumbuh sempurna. Saat paling nyaman dalam setahun, jika ditinjau dari suhunya. Bunga sakura sedang mekar-mekarnya di daerah utara.


Picture by: The Mainichi Newspapers Co.
Hari Minggu kedua bulan Mei
Hari Ibu (Haha no Hi) Bunga anyelir banyak dipesan sebelum Hari Ibu (hari Minggu kedua pada bulan Mei). Di Jepang, adalah kebiasaan untuk memberikan bunga anyelir merah kepada ibunya pada hari tersebut, sebagai ungkapan terima kasih. Warna lainnya, terutama merah muda dan kuning, juga menjadi populer akhir-akhir ini.

Tanggal 14 sampai 16
Festival Besar Kuil Izumo Taisha, di Kuil Izumo, Izumo, Propinsi Shimane. Sejak jaman dahulu dikatakan bahwa para dewa tinggal di Izumo, sebuah pemukiman tua dekat Laut Jepang  di daerah yang sekarang dikenal sebagai Propinsi Shimane, di daerah Chugoku. Festival ini untuk menghormati Okuninushi-no-kami, dewa perkawinan.



Picture by: JTB Photo
Tanggal 15
Festival Aoi, berpusat di Kuil Kamigamo dan Shimogamo di Kyoto, Propinsi Kyoto. FestivalAoi yang berkisar di sekeliling dua kuil Shinto di Kyoto, telah dirayakan selama lebih dari seribu tahun. Pada tanggal 15 Mei setiap tahun, lebih dari 500 orang mengenakan kostum tradisional dari jaman heian (794-1185) berangkat dari Istana Kaisar Kyoto dengan menaiki kuda dan kereta yang ditarik oleh lembu, juga memikul tempat suci yang dapat di bawa kemana-mana. Mereka berparade di sepanjang jalan-jalan dan mengunjungi dua tempat suci, Shimogamo dan Kamigamo.

Hari Jumat sampai Minggu pertama setelah tanggal 15
Festival Sanja, di kuil Asakusa, Taito-ku, Kyoto. Diselenggarakan di kota pada distrik Asakusa, yang dikenal sebagai bekas daerah kelas pekerja tradisional. Mungkin festival di Tokyo yang paling menyenangkan—sekumpulan orang berparade sambil memikul tempat suci yang dapat di bawa kemana-mana.

Picture by: Asosiasi pacuan Kuda Jepang
Hari Minggu terakhir bulan Mei
Japan Derby atau Pacuan kuda klasik Jepang paling terkenal, diselenggarakan di Gelanggang Pacuan Kuda Tokyo pada hari Minggu terakhir di bulan Mei. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1932, di sepanjang jalur Derby di Inggris.

Picture by: The Mainichi Nespapers Co.
Menanam tunas padi
Padi tumbuh dari biji dan kemudian ketika tanaman sudah cukup besar, di bulan Mei, tunasnya dipindahkan ke dalam sawah yang terendam air. Bertahun-tahun yang lalu, tunas dipindahkan satu persatu dengan tangan—pekerjaan yang sangat meleahkan punggung, karena petani harus membungkuk setiap bertanam padi. Tapi sekarang menggunakan mesin penanamm padi.



Refrensi :
http://web-japan.org/
http://iroha-japan.net/iroha/A01_event/07_gw.html
http://iroha-japan.net/iroha/A02_holiday/06_kenpo.html


4 comments:

  1. ikan koi sangat berarti dalam khidupan orang jepang yah

    ReplyDelete
  2. singgah disini, pasti ada sesuatu pengetahuan baru yang dapat diambil^^

    ReplyDelete
  3. bendera ikannya unik mas,,apa kabarnya nih mas,,lama sy tdk mampir,,hiatus sampai berbulan2 nih,,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...