Wednesday, May 9, 2012

Merasakan Terapi Bekam



M
anusia menjadi tua itu suatu keharusan, tapi kalau body tidak di jaga dan di rawat dan akhirnya menjadi sakit itu adalah derita elu setiap manusia yang malas olah raga. Yup contohnya aku.

Aku adalah orang yang paling malas sekali olah raga. Tapi aku pandai menjaga makan, tidak makan makanan yang berkolesterol tinggi atau tidak terlalu sering makan makanan yang manis-manis, aku kan sudah manis batting eyelashes jadi ngapain makan yang manis-manis. (timpuk batu bata). Sehingga Alhamdulillah aku tidak terkena penyakit diabetes dan sebagainya.

Pernah suatu ketika aku seperti lumpuh, tanganku tidak bisa digerakkan. Kakiku kaku, persendian seperti karatan. Padahal waktu itu aku masih muda cool. Aku tidak tahu penyakit apa yang telah menyerangku. Masak sih aku terserang penyakit asam urat.


Awalnya aku tidak tahu, kenapa tubuhku bisa jadi kaku kayak gini. Tiba-tiba besok paginya aku seperti orang lumpuh terbaring tak berdaya di tempat tidur. Setelah di ketahui penyebabnya. Aku telah banyak makan emping mlinjo dan kacang-kacangan. Sepontan aku terkena penyakit asam urat. Dan itu menjadikan pengalaman yang menakutkan. Masih muda sudah terkena penyakit asam urat.

Terlepas dari pesakitan yang menjalar di tubuhku. Ada alternatif pengobatan yang mengikuti sunnah rosul yaitu "Bekam". Kemarin seorang ahli bekam telah di panggil ke kantor untuk mem-bekam orang kantor siapa saja yang mau berobat bekam, dan itu gratis alias di biayai oleh kantor. Kata bapaknya, terapi bekam tidak harus menunggu saat kita sakit. Sebelum sakit apa salahnya mengikuti terapi bekam.

Aku ragu-ragu mengiyakan tawaran untuk di bekam. Aku membayangkan bagaimana sakitnya di bekam. Bagaimana mungkin aku bisa merasakan kesakitan kalau belum pernah mencoba terapi bekam. Aku hanya tahu terapi bekam lewat televisi. Dan hanya membayangkan rasanya di bekam itu seperti apa.

Tiga alat bekam sudah tertancap di punggung. Awalnya tidak terasa sakit, tapi lama kelamaan kulit punggungku rasanya seperti di cubit. Secara badanku kurus jadi tidak ada daging empuk yang sanggup menahan sedotan bekam. Setelah di rasa cukup alat bekam dilepas, kemudian bekas area bekam tadi di usapi alkohol. Dan inilah saat menegangkan dimulai. Area bekam tadi di tusuk-tusuk menggunakan alat yang ujungnya ada jarum kecil. Sakit sekali meski rasanya seperti di gigit semut merah tapi jumlahnya banyak sekali.

Setelah proses tusuk-menusuk selesai area bekas bekam tadi kembali di sedot menggunakan alat bekam. Darah kotor segera mengalir deras, secara area tersebut habis di tusuk-tusuk jarum kemudian di sedot menggunakan bekam. Di sini tidak terasa sakit, yang kurasakan hanyak rasa ketat di bagian kulitku yang disedot dengan alat bekam tadi.

Terakhir bagian leherku yang di bekam. Dua alat bekam sudah tertancap lagi di leher kiri dan kanan. Kata bapak ahli bekam area leher itu yang saya keluhkan karena sering pusing-pusing sakit kepala. Mungkin itu efek dari kecelakaan gegar otak enam tahun silam. Selain itu kata belau bekam ini juga bisa menghilangkan 74 macam penyakit. tentunya kita harus tetap berdoa kepada Allah SWT. Karena sehat dan sakit semua datangnya dari Allah SWT.

Tak terasa proses bekam-membekam tubuhku usai sudah. Aku diperlihatkan darah kotor yang keluar dari dalam tubuhku. Katanya saya tidak menderita penyakit diabetes. Syukurlah Alhamdulillah. Tapi aku masih percaya, kalau aku masih menderita penyakit, entah apa itu yang jelas ada di dalam tubuhku. Hanya kepada Allah saja aku berdo'a.

Kata beliau habis di bekam badan akan sakit semua, apalagi yang tidak pernah melakukan terapi bekam. Tapi setelah itu badan akan terasa segar. Dan ternyata info tersebut benar apa adanya. Badanku sakit semua rasanya seperti di gebukin orang sekampung. Hal tersebut juga di rasakan teman sekantorku cewek yang juga ikut terapi bekam. Dia mengeluh punggungnya sakit semua sewaktu tidur. Tidur gelisah tidak nyenyak. Begitu juga denganku. Tidurku jadi tidak nyenyak seperti ada yang mengganjal di punggungku. Sesekali aku terjaga di heningnya tengah malam. Sakit semua ya Allah. Leherku juga kaku ketika digerakkan kekiri dan kekakan.

Semoga cepat berlalu kesakitan ini dan diberikan kesehatan. Tentunya dengan ridho Allah SWT.

17 comments:

  1. wekeke ... jadi teringat bekam
    aku dulu, ga jauh2 amat sih, 3 bulan yang lalu bekam
    enak banget sih rasanya
    bisa fokus kembali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah merasakan bekam juga ternyata. Beneran jadi enak banget.

      Delete
  2. Pernah mencoba terapi ini sahabat.
    Waktu kuliah ada teman yang pandai dalam hal bekam ini.Merah-merah semuanya bekas dari bekam tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih membekas merah-merah, tapi punyak-ku bekasnya jadi merah kehitam-hitaman.

      Delete
  3. Dulu teman kos ku banyak yang bekam di kepala, jadi mereka kudu merelakan kepala mereka dibotakin hehehe. Sekarang terapi bekam nampaknya makin maju, sudah ga di kepala doang. Saya pengen juga sih nyoba-nyoba sekali-kali. GImana perasaannya abis bekam, bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah...gila ya, sampai bekam di kepala. Apa ndak sakit tuh kepala. Aku aja rasanya sakit semua nih badan habis di bekam.

      Delete
  4. pengen nyoba ... tapi kalo request gak pake yg di leher boleh kan ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung deteksi penyakitnya oleh si ahli bekam. Boleh aja request. Hehehe...

      Delete
  5. jadi pengen bekam lagi.. enggak rukyah juga ya?

    ReplyDelete
  6. Jadi teringat dulu, di SMP ada pelatihan bekam. ga lama sih, cuma sehari. maklum, mgkin skdar pengetahuan buat anak2 SMP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...pelatihan bekam. Enak ya jadi bisa ngerti cara mem-bekam.

      Delete
  7. pernah ada yang ngajakin tapi gak mau.
    horor abis.

    hiiiiii

    hehehe.

    get well soon bang (u,u)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha...kenapa jadi horor?
      Oke Thank You Aul.

      Delete
  8. wow kedengaranny sangat menarik dengan terapi bekam,, berarti bekam itu juga bisa mencegah ya sob. ane pikir cuma hanya bisa mengobati doang.. thank infonya ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  9. salam kenal gan, semoga hari ini bermanfaat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  10. hiiiiiyh.. aku ngeri banget sama yg namanya bekam ini, ngebayangin darah2nya -________-" *pingsan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...