Tuesday, March 24, 2009

Jombang Beriman apakah Beriman?

Jombang BerimanJombang adalah salah satu Kota di Jawa Timur yang sangat terkenal, terkenal kebaikannya dan keburukannya. Dari segi kebaikannya, Jombang memiliki banyak Pondok Pesantren, antara lain Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif yang terletak di Denanyar Jombang, Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Tambak Beras dan Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.

Kebaikan yang lainnya Jombang melahirkan seorang putra yang dulu pernah menjadi Presiden RI beliau adalah Kiyai H. Abdurahman Wachid yang biasa di sapa Gus Dur. Beliau juga bagian dari Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar dan Pondok Tebu Ireng Jombang.


Dari Segi keburukannya, Jombang mempunyai seorang anak manusia yang telah melakukan kesalahan, ya dia adalah Ryan sang penjagal dari Jombang. Dengan tangannya sendiri dia menghabisi korbannya dengan cara di mutilasi.

Begitu pula akhir-akhir ini gempar dengan masalah Ponari yang sangat kontroversial sekali. Apakah kasus Ponari ini termasuk sisi Baik Jombang atau sisi buruk Jombang? itu tergantung kita sendiri yang menilai.

Dilihat dari selogan Kota Jombang sendiri, yaitu "Jombang Beriman" yang artinya Bersih Indah dan Nyaman. Dari slogan tersebut apakah semua masyarakatnya sudah Beriman? Untuk urusan yang satu ini kayaknya saya tidak banyak bicara karena itu menyangkut pribadi masing-masing individu. Di sini saya cuma menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan dari hatiku yang paling dalam.

Tower PDAM Jombang
Tower PDAM Kota Jombang, terletak di Jantung Kota yang menjadi ikon Kota Jombang. Biasa di sebut "Ringin Contong" Karena di belakangnya/sebelah utaranya ada pohon beringin.

Dengan selogan "Jombang Beriman" Jombang merasa berat menanggung beban dari kata "Beriman" karena akhir-akhir ini banyak masalah yang timbul dari berbagai pihak. Menurut saya pribadi janganlah termakan fitnah dan hasutan dari apapun kejadian yang terjadi, selama itu mengundang pertentangan antar masa. Seperti baru-baru ini kejadian Ponari.

Bukannya saya sok pintar dan mengurui dalam urusan bidang keAgamaan, bukan berarti pula saya ikut-ikutan terjerumus kemaksiatan atau ikut-ikutan yang bertentangan dengan Agama. Tapi saya menyayangkan MEREKA-MEREKA yang telah mengultimatum kata-kata Syirik, Musyrik dan sebagainya. Apakah MEREKA-MEREKA ini sudah benar sendiri dalam menentukan masalah? Apakah MEREKA-MEREKA ini sudah sempurna dalam menjalankan ibadahnya? Apakah MEREKA-MEREKA ini tidak mempunyai DOSA sama sekali? Itu patut dipikirkan oleh masing-masing individu sebelum mengultimatum seseorang.

Dalam hal ini yang terjadi adalah urusan manusia antar manusia, dimana manusia itu di ciptakan tidak ada yang sempurna. Hanya Allah SWT lah yang paling sempurna di Alam Semesta ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia itu tidak sempurna. Lantas mengapa MEREKA sok tahu mencaci maki bahwa itu Musyrik, Syirik, bersekutu pada Allah. (bul Shit) Biarkan mereka yang musyrik menjalani kehidupannya, biarkan mereka yang syirik melakukan aktivitasnya, yang penting saya/kita tidak ikut-ikut seperti mereka. Meskipun benar perbuatan mereka menyalahi aturan, biarkan saja KALIAN jangan usil, sok mengurusi mereka dan menceramahi dengan dalil picicsan.

Well...Semoga semua bisa mengintrospeksi diri sendiri sebelum bertindak. Karena tindakan tanpa akal sehat akan membawa anda ke permasalahan yang tak berujung. Intinya jadilah dirimu sendiri "Be Your Self" jangan ikut-ikutan MEREKA. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini tidak menyinggung perasaan siapa pun.

Copyright © arqu3fiq 2008

34 comments:

  1. Slogannya mirip sama kota kelahiranku Balikpapan, sama2 BERIMAN. Bersih, indah dan nyaman.. :D

    ReplyDelete
  2. karena nila setitik rusak susu sebelangga

    ReplyDelete
  3. ayo kita galang persatuan & kesatuan di antara umat beragama...

    ReplyDelete
  4. hehehe
    hebat mas artikelnya..
    tumben rodok mbeneh?
    wuekekekekkkk..
    *ampun, aku di lempar sandal arqu3fiq*
    jadilah dirimu sendiri dan ikuti kata hatimu..
    semangat masssssss..

    ReplyDelete
  5. Aku sering lewat Kota Jombang..dulu kuliah di Surabaya sih, aku rasa kotanya cukup semrawut..terutama sebelum masuk kota...salam kenal dari kediri

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan warganya benar-benar menjadi warga yang beriman. Amin.

    ReplyDelete
  7. Wach Dirimu obyektif juga yach :D

    Dari kelebihanya sampai keburukanya Lo Ulas semua :D ckckckck ...

    Smoga saja Kota Jombang bener2 BERIMAN dan bukan hanya Slogan :)

    ReplyDelete
  8. hu'um toleransi itu perlu..bagaimana menyikapi perpedaan , but sesama saudara itu kita disuruh untuk saling mengingatkan...okey memang dalam agama itu ga' da paksaan...tetep istiqomah bro...di indonesia emang krisis tauhid...islam tapi...(tau sendiri kan)...SIP

    ReplyDelete
  9. oiya nyambun kommennya mas aerodinamis eh salah, maksud saya arqu3fiq..q orangnya dulu blangsak mas...parah...tapi ingin berubah...toh juga hidup cuma bentar...wah jadi merinding ndiri

    ReplyDelete
  10. saya sering lo lewat jombang dan memang juga banyak slogannya

    ReplyDelete
  11. Memang akhir2 ini kutho njombang rodo penomenol, dadi berita hetlain,
    Yo mugi2, wargane yo dadi makin beriman yo pakde yo? Iyo to pakde? Pakde..? Woo, malah turu...

    ReplyDelete
  12. hanya orang jombang yang tahu
    fenomena
    byme

    ReplyDelete
  13. waduh kok pada cerita kota'e dewe2 ngene. saya cerita pasuruan, mahluk unik ini *hallah unik* cerita jombang. 'beriman' tu setahu saya *setahu saya lo ya* bukan berarti beriman dalam agama om. tapi itu singkatan. hennah itu singkatnnya ketutupan bunga, apa itu kepanjangannya om?

    ReplyDelete
  14. ehh, jombang itu berari unik mas.. surga dan neraka dunia.. hehehe.

    di jepang ada batosai di jombang ada rian.

    tower pdam nya keren tuh, gak kalah deh sama menara tokyo...

    ReplyDelete
  15. Yo ngono ga ngejak nang Jombang!!!!

    Hehehehe

    ReplyDelete
  16. "..dan yang telah membaca ini semoga diberi kelancaran dalam koneksi Internetnya."
    haha..
    makasi mas..

    tapi kayaknya setiap daerah ntu menonjolkan sisi religius-nya yah.. kayak Mataram, yg slogannya, maju en religius..

    at last, cuma bisa bilang..
    semoga Jombang bisa jau lebih baik...
    amin..

    ReplyDelete
  17. mungkin kata "beriman" itu bisa disandang jombang karena banyaknya pondok pesantren disana, tapi untuk yang lain lain nya seehhhh emang tergantung individu gag gag bisa maksa dan dipaksain.

    be yourself harus tuhhhh

    ReplyDelete
  18. akhir-akhir ini jombang memang lagi heboh !!!!

    ReplyDelete
  19. bingung juga ngomongin jombang
    slain ada banyak pesantren tapi ada ornag membunuh dengan banyak korban juga....
    *huhh..!*

    ReplyDelete
  20. saya jarang ke jombang, mungkin cuma lewat aja waktu mudik, baik pas naik kereta atau pake jalan darat. Komentar saya, semua kota memiliki masalah yang sama. Jombang memang punya history yang berbeda, dari Jombang lahir tokoh2 NU. Oleh demikian Jombang punya beban masa lalu yang berat. Jombang adalah milik seluruh umat Islam di Indonesia. Itu aja pesan saya.

    ReplyDelete
  21. TOSS sama Ryan Xavier...
    juga TOSS sama sampeyan... :D
    Allah menyembuhkan tiap orang itu melalui banyak perantara, semua itu kembali kepada masing2 lagi... :D

    ReplyDelete
  22. Jombang beriman???

    Klo arti beriman adalah BERsih Indah & nyaMAN aku rasa masih boleh lah......

    Tapi.......

    Klo arti beriman adalah beriman dalam arti mampu menjaga iman.... hemmm...... is that so?

    Dou desu ka Ropiq san?

    ReplyDelete
  23. semoga tidak semua orang jombang seperti itu...
    kan banyak pesantren
    biasanya banyak yang baik
    setanya semakin kuat mengoda

    ReplyDelete
  24. Mumpung Koneksi Starone lagi mujur, ikutan komen ah... :

    Setidaknya Jombang itu masih bisa memiliki seorang BLoGGer yang cukup arif memberikan gambaran tentang isi 'Jombang' kepada khalayak ramai.
    Puih.... kata-katanya kayak Pejabat nok !

    ReplyDelete
  25. wah wah emang ni jombang bikin artis2 keren kek ryan ma ponari hidup jombang :D

    ReplyDelete
  26. Jombang memang gudangnya anak harapan bangsa...

    Ponari Astaman dan Ryan diantaranya...

    selamat deh.. :D

    ReplyDelete
  27. kang...seingatku, beriman kan singkatan "bersih indah dan aman"....hehhe

    ReplyDelete
  28. Sayang yah? Temenq waktu ikut lomba di German kok gak diekspos ke berita? Padahal ntu sisi baiknya juga, banyak siswa/mahasiswa berprestasi, terutama alumni SMAN 2 JOMBANG (narsis mode on). Hehehe

    Untung Ryan bukan alumni SMADAJOE.....
    Mas RoPIQ, kapan nih aku dapet sesi pemotretan? Ohya, Akhir mei aku libur lohhhh

    ReplyDelete
  29. yang benar itu slogan, bukan selogan.......

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...