Tuesday, November 29, 2011

Ninja

忍者
Ninja

忍者は昔のスパイだ。鎌倉時代から江戸時代の日本で、大名や領主に仕え諜報活動、破壊活動、浸透戦術、暗殺などを仕事としていたとされる、個人ないし集団の名称。
- Ninja wa mukashi no supai da. Kamakura jidai kara Edo jidai no Nihon de, daimyō ya ryōshu ni tsukae chōhō katsudō, hakai katsudō, shintō senjutsu, ansatsu nado o shigoto to shite ita to sareru, kojin nai shi shūdan no meishō.
- Ninja adalah mata-mata jaman dahulu. Dari jaman Kamakura sampai Jaman Edo di Jepang, Ninja bekerja melayani feodal atau Tuan tanah untuk melakukan intelejen, sabotase, taktik penyusupan, dan juga pembunuhan yang dilakukan bukan atas nama perorangan tapi atas nama kelompok.
その名は日本国内にとどまらず、世界的にもよく知られている。
- Sono mei wa nihonkokunai ni todomarazu,sekaiteki nimo yoku shirarete iru.
- Namanya tidak dikenal di Jepang saja, tapi dikenal di seluruh dunia.
有名な忍者の土地は、 伊賀 、 甲賀 、戸隠がある。
- Yūmeina ninja no tochi wa, Iga, Kōka,Togakushi ga aru.
-  Ninja yang terkenal ada di Iga, Kōka, di Togakushi.
忍者は厳しい訓練をしたから、色々なことができた。
- Ninja wa kibishī kunren o shitakara, iro-irona koto ga dekita.
-  Ninja bisa melakukan apa saja karena latihan yang sangat keras.
スポーツの選手と同じだ。とても速く歩いたり、速く動いたり、走ったりすることができた。
- Supōtsu no senshu to onaji da. Totemo hayaku aruitari, hayaku ugoi tari, hashittari suru koto ga dekita.
-  Seperti para atelit olahraga, sangat cepat jalannya, cepat bergeraknya, dan juga cepat larinya.
高い壁を登ることや長い時間水の中にいることもできた。
- Takai kabe o noboru koto ya nagai jikansui no naka ni iru koto mo dekita.
- Bisa naik tembok yang tinggi dan juga bisa menahan nafas sangat lama di dalam air.
目や耳がよかったから、遠い所がよく見えた。小さい音でもよく聞こえた。
- Me ya mimi ga yokattakara, tōi tokoro ga yoku mieta. Chīsai oto demo yoku kikoeta.
- Mata dan telinganya sangat perasa, jadi dari tempat yang sangat jauh dapat terlihat. Suara yang kecil juga dapat didengar.


滋賀県や三重県には昔、忍者が住んでいたうちがある。
- Shiga ken ya Mie ken ni wa mukashi, ninja ga sunde ita uchi ga aru.
-  Di prefektur Shiga dan prefektur Mie pada jaman dahulu ada ninja yang tinggal di situ.

うちの中には色々面白いものがある。
- Uchi no nakani wa iroiro omoshiroi mono ga aru.
-  Di dalam rumahnya ada bermacam-macam barang yang sangat menarik.

例えば、部屋の壁の前に立つと、壁が回転して、人が消える。
- Tatoeba, Heya no kabe no mae ni tatsu to, kabe ga kaiten shite, hito ga kieru.
-  Seperti saat berdiri di depan dinding kamar, lalu dinding di putar lalu orang nya menghilang.

小さい秘密の部屋から隣や下の部屋の中が見られる。
- Chīsai himitsu no heya kara tonari ya shita no heya no naka ga mirareru.
-  Jadi bisa mengintai di ruang bawah tanah atau di ruang rahasia yang kecil.
忍者は様々な特殊訓練を行い、特殊な道具なども所持しており、この道具を「 忍具 」、逃走術を含む種々の技術を「 忍術 」と呼ぶ。
- Ninja wa samazamana tokushu kunren o okonai, tokushuna dōgu nado mo shoji shite ori, kono dōgu o `Shinobu-gu', tōsō-jutsu o fukumu shuju no gijutsu o `ninjutsu' to yobu.
-Ninja melakukan berbagai pelatihan khusus, begitu juga dengan alat khusu ninja yang disebut "shinobu-gu", berbagai teknik dilakuakan termasuk seni melarikan diri yang di sibut "ninjutsu".
色々な道具を使ったりした。
- Iroirona dōgu o tsuka~tsu tari shita.
- Berbagai macam peralatan ninja yang digunakan.
それで、普通の人ができないことができたのだ。
- Sore de, futsūnohito ga dekinai koto ga dekita noda.
- Jadi bukan manusia biasa yang menggunakannnya.
忍者が使った色々な道具もある。
- Ninja ga tsukatta iroirona dōgu mo aru.
- Ninja menggunakan berbagai macam peralatan, seperti :
忍刀とは、忍者が使用したとされる刀であり、忍者刀ともいう。
携帯性や機能性を向上させるため、侍が使用する刀と比べて大きさや形状について工夫されている。
- Shinobi-gatana to wa, ninja ga shiyō shita to sareru katana deari, ninja-tō to mo iu. Keitaisei ya kinōsei o kōjō saseru tame, samurai ga shiyō suru katana to kurabete ōkisa ya keijō ni tsuite kufū sarete iru.
- Shinobi-gatana adalah pedang yang digunakan oleh ninja atau yang biasa di sebut "ninja-tō". Untuk meningkatkan mobilitas dan fungsinya, pedang ninja dirancang berdasarkan ukuran dan bentuknya sesuai yang digunakan pedang samurai.
忍刀

鉤縄とは、忍者が使ったとされる道具。縄の先に鉄鉤のついた道具で錨型に似たいるものだ。足がかりの無いがけを登る時、橋のない谷を渡る時などに使用する。
- Kaginawa to wa, ninja ga tsukatta to sa reru dōgu. Nawa no saki ni tetsukō no tsuita dōgu de ikarigata ni nita iru mono da. Ashigakari no nai gake o noboru toki, hashi no nai tani o wataru toki nado ni shiyō suru.
- "Kaginawa" yaitu senjata yang digunakan oleh ninja, sebuah alat terbuat dari besi dengan pengait ujungnya seperti jangkar. Digunakan sewaktu memanjat tebing, menyebrang lembah menggunakan alat ini sebagai jembatan.
鉤縄

苦無とは、忍者が使用した両刃の道具,くない手裏剣とも言う。サイズは大苦無(13~15cm程)と小苦無(8~10cm程)がある。 平らな鉄製の爪状になっていて、壁を登ったり、壁や地面に穴を掘るスコップとしての使い方や、武器にも使用されるなど、サバイバルナイフに近い装備であった。 後部が輪状になっており、紐や縄を通しても使用された。
- Kunai to wa, ninja ga shiyō shita ryōba no dōgu, Kunai shuriken to mo iu. Saizu wa dai kunai (13 ~ 15 cm hodo) to shōkunai (8 ~ 10 cm hodo) ga aru. Tairana tetsusei no tsumejō ni natte ite, kabe o nobottari, kabe ya jimen ni ana o horu sukoppu toshite no tsukaikata ya, buki ni mo shiyō sa reru nado, sabaibarunaifu ni chikai sōbi de atta. Kōbu ga rinjō ni natte ori, himo ya nawa o tōshite mo shiyō sareta.
- "Kunai" adalah alat bermata dua yang digunakan oleh ninja, juga disebut kunashuriken. Kuna yang besar sekitar 13-15 cm, dan kuna yang kecil sekitar 8-10 cm. Berbentuk datar seperti kuku besi, untuk memanjat dinding, digunakan sebagai sekop untuk mengali dinding ataupun tanah, digunakan sebagai senjata, juga digunakan sebagai pisau untuk kelangsungan hidup. Tali bisa diikatkan di bagian yang melingkar.
苦無

手裏剣

撒菱とは、忍者が用いる道具のひとつ。逃げる途中にばら撒くことで追手に怪我を負わせる。
- Makibishi to wa, ninja ga mochiiru dōgu no hitotsu. Nigeru tochū ni baramaku koto de otte ni kega o owaseru.
- Makibishi adalah salah satu alat yang digunakan ninja untuk melarikan diri. Ditaburkan ditanah seperti bunga mawar untuk melukai kaki yang mengejar.
撒菱

でも、今、忍者には会えない。残念だ。
- Demo, ima, ninja ni wa aenai. Zan'nenda.
- Tapi sekarang, ninja sudah tidak ada sangat disayangkan.

忍者の訓練
- Ninja no kunren
- Pelatihan ninja
水をまいた襖の上を歩く。襖の紙を破ってはいけない。
- Mizu o maitafusuma no ue o aruku. Fusuma no kami o yabutte wa ikenai.
- Berjalan di atas pintu sorong kertas di atas air.  Dan kertas yang ada di pintu sorong tersebut tidak boleh sobek.

1時間に20kmぐらい走る。頭に10mぐらいの紐をつける。紐が下についてはいけない。
- Ichi ji kan ni 20 km gurai hashiru. Atama ni 10 m gurai no himo wo tsukesu. Himo ga shita ni tuite wa ikenai.
- Berlari dalam jarak 20 km selama 1 jam. Di kepala di pasang tali yang panjangnya 10 m dan tali tersebut tidak boleh menyentuh tanah.

長い時間水に顔をつける。
- Nagai jikanmizu ni atama wo tsukeru.
- Bernafas selama mungkin di dalam air.

麻を植える。毎日その上を飛ぶ。麻はだんだん大きくなって、2mぐらいになる。
- Asa o ueru. Mainichi sono ue o tobu. Asa wa dan-dan Ōkikunatte, 2m gurai ni naru.
-  Tanamlah tanaman rami. Setiap hari lompatilah sampai tanaman rami itu tumbuh besar sekitar 2 meter.

1-4の訓練をすると、忍者の体になる。
- 1-4 no kunren o suru to, ninja no karada ni naru.
- Dari 1 sampai 4 itu adalah pelatihan untuk menjadi ninja.

Jadi siapa yang mau ingin menjadi ninja? silahkan ikuti latihan tersebut. Niscaya akan menjadi ninja hatori. Hehehehehe....

- スパイ (supai) : mata-mata, berasal dari kata spy (english).
- 諜報活動 (chōhō katsudō) : Intelejen; informasi rahasia.
- 破壊活動 (hakai katsudō)  : Sabotase.
- 浸透戦術 (shintō senjutsu) : Taktik penysupan.
- 暗殺 (ansatsu) : pembunuhan.
- 訓練 (kunren) : latihan; pelatihan.
- 携帯性 (keitaisei) : 携帯 (membawa) jadi mudah dibawa; mobilitas.
- 機能性 (kinōsei) : 機能 (fungsi) berfungsi; fungsionable.
- 道具 (dōgu) : alat; peralatan; perkakas.
- 麻 (asa) : Sejenis pohon rami, (di jawa pohonnya bernama "ramé")


Copyright © arqu3fiq 2011

16 comments:

  1. wah mantab ne cerita ninjanya, jadi mulai ngerti asal usul kelompok ninja..ilustrasi gambar juga ok sob thnks

    ReplyDelete
  2. keren juga tuh ninja jepang...
    bandingin dengan ninja indonesia
    yang asal katanya saja tinja
    hehehe piss..

    ReplyDelete
  3. wah.. Mantap
    ane suka cerita beginian...
    Jadi lebih tahu tentang ninja.. :D

    ReplyDelete
  4. di indonesia ninja malah bertindak kriminal... :(

    ReplyDelete
  5. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    ReplyDelete
  6. Ah.... Kok malah jadi ninja hatori sih mas?

    Kapan bisa jadi ninja benerannya?

    ReplyDelete
  7. nih sambil belajar bahasa jepang berikut belajar ninja,,hehe keren2 mas

    ReplyDelete
  8. semuanya yang lahir dari jepang memang indah,

    ReplyDelete
  9. gile gimana cara nya yah kok bisa jalan di atas kertas. mungkin pada meringankan badan tuh ninja. ahhh salut. beneran tuh kan bro

    ReplyDelete
  10. wuihihi...

    kalo jadi ninja yang punya ninjutsu dan genjutsu kayak naruto dkk itu bisa nggak bang?

    wkwkwk
    LOL

    ReplyDelete
  11. waaah... postingane unik mas, gak ada duanya.. di kaskus ada gak ya tread tentang ninja... ?

    ReplyDelete
  12. Wow senang baca postingan ini...semua tentang jepang!!!!

    makasih sudah sering berkunjung ke blog sya..
    maaf baru kunjung balik :)

    ReplyDelete
  13. aduh.. aku pusing baca postingan mu yg ini hahaha....

    ReplyDelete
  14. dulu wkt msh kcl aku pernah terobsesi ingin jd ninja..
    :D

    ReplyDelete
  15. wah lengkap dengan bahasa aslinya...
    :)

    jd mugkin kalo salah mengartikan bisa dikoreksi di bahasa aslinya...
    :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...