Tuesday, November 20, 2007

Tolong - Menolong

Tolong-menolong adalah hubungan kerja sama yang di lakukan bersama-sama oleh sejumlah orang. Masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Jawa Tengah, budaya tolong-menolong adalah hal biasa. Dari situ bisa di petik, ada sebuah peribahasa mengatakan "Ringan Sama Di Jinjing, Berat Sama Di Pikul" dan sampai sekarang peribahasa itu masih tetap dipegang teguh oleh masyarakat Jawa. Berkat adanya rasa tolong-menolong itulah hubungan kekeluargaan itu menjadi semakin akrab. Menurut orang Jawa, menolong orang itu menjadikan hidup kita lebih menyenangkan. Begitu juga di Desaku hubungan tolong-menolong itu pasti terjadi. Dalam keluargaku tolong-menolong sudah biasa, seperti membersihkan lantai rumah, mencuci piring dan sebagainya. Semua yang kita lakukan, sekecil apapun bentuk bantuan yang kita berikan, itu adalah wujud dari kasih sayang kita terhadap Orang Tua.

Menurutku hubungan kejasama tolong-menolong dalam Masyarakat sangatlah penting. Mengapa? karena kita hidup di Dunia ini tidak sendiri, kita hidup bersama-sama dalam masyarakat yang majemuk yang saling tolong-menolong agar tercapai hidup yang rukun dan sejahtera. Dengan alasan itu, siapa pun, dimana pun, kapan pun saat menemui bencana kita sebaiknya segera menolongnya.

Saat aku mengalami kecelakaan pada satu tahun yang lalu, sekumpulan massa langsung bebondong-bondong untuk menolongku. Berkat pertolongan itu nyawaku jadi terselamatkan. Dengan kejadian itu, aku bisa mengambil hikmahnya, aku berusaha untuk menolong orang lain yang sedang kesusahan. Seperti pada saat aku menolong seorang gadis yang sedang menunggu angkot di desaku. Dia hendak kursus Bahasa Inggris dan angkotnya tidak kunjung datang. Kasihan kalau sampai terlambat kursus aku langsung mengantarkannya sampai ke tempat kursusan, dan kebetulan arah tujuanku searah dengan tempat kursusan dia. Intinya meski tidak kenal siapa dia kita harus menolongnya.

Di Kota besar hubungan tolong-menolong dirasakan kurang sekali, mungkin dikarenakan kesibukan dengan pekerjaan masing-masing sehingga keramah-tamahan kurang sekali. Mungkin hanya dengan orang terdekat saja hubungan itu bisa terjadi. Seandainya kita menemui orang yang sedang kesusahan, sebisa mungkin kita menolongnya dengan kemampuan kita. Sebenarnya dalam masyarakat hubungan saling tolong-menolong itu penting, mulai dari sekarang kita harus bisa membudayakan kebiasaan saling tolong-menolong. Bagaimana dengan anda?


1 comment:

  1. pada dasarnya manusia mahluk sosial, jadi sifat individualis (egois) mudah2an bukan sifat asli

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...