Monday, September 26, 2011

Ban Motorku Menggembung

Kejadian ini terjadi ketika aku pulang kampung kemarin, (bukan mudik pas lebaran loh) tapi aku biasanya tiap minggu pulang kampung, lha wong cuman 2 jam perjalanan aja yang dibutuhkan untuk pulang kampung. Perasaanku ndak enak, Aku tidak sedang naik odong-odong kan? tapi kenapa rasanya naik-turun gini, geal-geol kiri kanan. Ada yang salah kah dengan jalan raya yang aku lalui? Aku tengok kebawah sambil jalan pelan-pelan bannya tidak gembos. Lalu apa yang terjadi dengan motor bututku ini ya?

Setelah turun dari motor sebentar dan aku cek apa gerangan yang terjadi dengan motor yang aku naiki ini, ternyata aku menemukan ketidak beresan pada ban motorku. Bannya menggelembung seperti balon. Bukan karena kepanasan trus mengembang kayak balon, tapi emang usia bannya sudah tua.

Perasaanku semakin ndak karuan mengetahui keadaan banku sekarat sperti itu. Bagaikan menghitung waktu detik-detik di eksekusi mati. Bagaimana tidak aku khawatir kalau-kalau sampai "Dor meletus balon hijau, hatiku sangat kacau..." eh itu lagu balonku ada lima kale. Iya hatiku kacau kalau meletus di tengah jalan dan jauh dari peradapan. Emaaakkk....tolongin aku.

Akhirnya aku mengikuti pepatah. "Biar lambat asal selamat" aku naiki motor dengan kecepatan lambat. Kayak fotografi aja pake istilah kecepatan lambat. Hehehehe...maksudnya cepat kalau jalan mulus, lambat pas jalan berlubang. Benar juga kata pepatah tersebut, aku selamat sampai rumah, selamat dari bahaya ban meletus tiba-tiba. Syukurlah aku ndak dibuat susah oleh keadaan banku ini.

Besoknya segera aku larikan ke rumah sakit motor terdekat. Kata mbak-mbak bengkel ban bermerek tidak jaminan mas, kasus itu sering terjadi. Banyak pelanggan yang mengeluh karena ban yang di beli belum setahun sudah menggelembung. Trus ban apa yang harus aku beli mbak tanyaku penasaran. Pake aja ban traktor mas awet...candanya. Masak sih mbak awet? godaku. Lha iya mas awet coba sampeyan gigit nanti kan keras. Iya mbak gigiku langsung protol trus jadi ompong. Ada-ada aja mbaknya ini. Senengnya ngajak bercanda pelanggannya. Akhirnya selesai sudah kasusku, aku jadi beli ban atas saran mbak-mbak bengkel. Lumayan save money buat keperluan yang lainnya. Terima kasih mbak...See ya!

Copyright © arqu3fiq 2011

29 comments:

  1. wah itu penjual bannya perlu dijitak ya. hehehe tapi kalo gigit ban,alamak...ada2 aja usulnya

    ReplyDelete
  2. beli ban yg bukan merk terkenal sih gpp, asal bukan beli ban yg palsu aja :D

    ReplyDelete
  3. ban kembung lalu pecah, saya sering banget kena

    ReplyDelete
  4. soal ban menggembung mending tanya ma saya aja. saya paham dengan otomotif sob.

    soal ban menggembung mending tanya ma saya aja. saya paham dengan otomotif sob.

    ReplyDelete
  5. biasanya kalo terjadi gembung gt,, di dalam karet ban luar itu ada kawat penguat,, nah krn kondisi panas di ban kawat penguatnya nya memuai mungkin jg kualitasnya yg tdk baik,,hehe kira2 bgitu sob:

    ReplyDelete
  6. @@Said Arsyad : Trus gimana solusinya?

    @al kahfi : Iya mungkin sob, coz motorku selalu terkena terik matahari kalau siang.

    ReplyDelete
  7. btw, ododng odong itu apa sih ?

    aku pernah mengalami hal serupa tapi ban sepeda, pas dulu msh di kampung halaman, akhirnya ya ganti beli ban yg baru

    ReplyDelete
  8. iya bener..kejadian beginian biasanya kalo pas masangnya nggak bener jadi bannya kejepit, trus pas dipompa njepit gitu jadinya nggembung.. kalo nggak, biasanya bekas tambalan yang nggak pro, jadi kena panas matahari bisa jadi tipis

    ReplyDelete
  9. aku pasang ban agak mahal di motorku. bukan karena mau sok gaya pake battlax, tapi demi keselamatan. soale aku wes pengalaman ndlosor dari motor, hehe. semoga sampeyan nggak perlu ngalami ndelosor dan sebagainya cak.

    ReplyDelete
  10. hahahahaha... nggak disebutin merek ya mas, oke deh..

    ReplyDelete
  11. @Ely Meyer : Odong-odong itu mainan buat anak-anak balita, kayak jungkat-jungkit gitu.

    @Gaphe : Itu ban luar Phe yang menggembung. Bukan ban dalam. Emang ban luar bisa di tambal ya? Aya-aya wae...

    @efahmi : Saya sudah ngalami ndlosor sampai gegar otak bang fahmi. Jadi ya gimana gitu.

    @ndop : Dilarang sebut merk. hehehehe.....

    ReplyDelete
  12. harus segera diganti tuh mas,
    btw, saya udah follow balik lhooo..

    happy blogging..!

    ReplyDelete
  13. @Yudi Darmawan : Iya bro sudah aku ganti koq. thanx ya.

    ReplyDelete
  14. lho kalau di liat batik-annya seperti ban masih baik..

    saya sarankan pakai ban lokal buatan tangerang aja. harga murah (karena kalah nama) tapi aku pakai udah setahun lebih nyaman nyaman aja. memang seperti IRC dan sejenisnya, banyak temen yang nemuin kasus seperti itu.

    kita budayakan pakai produk lokal aja,hehehe,
    ice post sob. happy blogging

    ReplyDelete
  15. @Wisata Murah : Lha...sebut merek. Ya udah wis terlanjur. Emang Ban ku masih bagus tuh batik-annya. Kata mbak bengkel merek itulah yang menyebabkan kasus yang di keluhkan banyak konsumen.

    ReplyDelete
  16. wahaa, coba kalo kata orang jawa " UNTUNG tahu duluan sebelum meletus" hahah selalu ada untung bagi orang jawa

    ReplyDelete
  17. @blognya dea : Iya pasti "UNTUNG" saja yang didahulukan. Orang jawa gitu loh.

    ReplyDelete
  18. wahhahaha di suruh gigit ban tuh mas, klo ban gelembung gitu mobil saya jg ngalamin sih sampe skrg saya jg ga tau apa penyebab ban bisa gelembung seperti itu.

    ReplyDelete
  19. @safety indonesia : Hahahahaha...iya mas, mungkin pergesekan atara aspal panas sehingga bisa memuai.

    ReplyDelete
  20. wah,,,mending ban bekas aja. aku aja beli ban bekas gak gelembung-gelembung kayak gitu. hahaha *ketauan kerenya

    ReplyDelete
  21. wuahaha...

    kalo pecah deket pos polantas lampu merah baru seru tuh...

    menegangkaan...

    wkwkwk...

    ReplyDelete
  22. @ikrim : Hahahaha...klo ban bekas udah tipis ning atuh.

    @Aul Howler : Seru menegangkan gimana maksudnya? malah enak ada yg nolongin. Hehehe...

    ReplyDelete
  23. berkunjung kembali,menunggu postingan terkini sob

    ReplyDelete
  24. nggak usah pake ban emang kenapa sih? pelk aja langsung:P

    ReplyDelete
  25. di tambal aja, kalo tambalannya udah banyak mending ganti yang baru aja. hehe

    ReplyDelete
  26. @Said Arsyad : Di tambal itu kalau ban dalam kawan, ini masalahnya ban luar. Sudah di ganti dengan yang baru.

    ReplyDelete
  27. nggak jadi ganti ban traktor? knapa nggak ban kereta aja skalian..dijamin nggak bakalan bocor ato menggelembung..
    tapi kalo beneran bocor, nggak ada tukang tambal di jalanan..adanya ke tukang las..hohoho

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...