Friday, September 23, 2011

The Ghost Writer (2010)

Directed by Roman Polanski
Produced by Roman Polanski
Robert Benmussa
Alain Sarde
Screenplay by Roman Polanski
Robert Harris
Based on The Ghost by
Robert Harris
Starring Ewan McGregor
Pierce Brosnan
Olivia Williams
Kim Cattrall
Music by Alexandre Desplat
Cinematography Paweł Edelman
Editing by Hervé de Luze
Distributed by • Summit Entertainment (United States)
• Optimum Releasing (United Kingdom)
Release date(s) • February 19, 2010 (United States; limited)
• April 16, 2010 (United Kingdom)
Running time 128 minutes


Film "The Ghost Writer" ini adalah sebuah film drama politik 2010 yang disutradarai oleh Roman Polanski. Di Negara Inggris film ini di rilis dengan judul "The Ghost" saja. Film ini merupakan adaptasi dari novel Robert Harris yang berjudul "The Ghost".

Pengarang Inggris yang sukses (Ewan Mc Gregor) setuju untuk menyelesaikan memoar mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang (Pierce Brosnan). Tapi proyek ini sudah ditakdirkan dari awal, penulis pendahulunya dalam proyek ini, Mike Mc Ara meninggal dalam insiden kecelakaan. Lalu kemudian pengarang ini masuk dalam proyek yang ditawarkan Adam Lang. Ditengah musim dingin, di sebuah rumah di tepi pantai di sebuah desa di Old Heaven di Amerika (penggambaran untuk Vineyard Heaven). Saat ia tiba, mantan menteri luar negeri inggris bernama Richard Rycart (Robert Pugh) menunda Lang memberi ijin penyitaan ilegeal tersangka teroris dan menyerahkan mereka untuk penyiksaan oleh CIA karena sebuah kejahatan perang. Lang menghadapi ancaman penuntutan oleh Pengadilan Pidana Internasional, kecuali ia tetap di AS atau pergi ke negara lain yang tidak mengakui yurisdiksi pengadilan.

Kontroversi membawa wartawan dan demonstran berkerumun pada perimeter keamanan rumah pulau di mana Lang tinggal dengan istrinya, Ruth (Olivia Williams), dan asisten pribadinya Amelia (Kim Cattrall). Sebagai pengarang yang bekerja untuk orang lain, dia menyikapi petunjuk pendahulunya yang mungki terjerat pada rahasia gelap tentang Lang. Selama ketidakhadiran Lang, Ruth diabaikan tidak digubris sehingga dia selingkuh dengan penulis itu sebagai bentuk balas dendam. Penulis itu bertemu dengan seorang pria tua (Eli Wallach) yang hidup di dekatnya. Dia mengatakan kepadanya bahwa tidak ada cara yang mungkin saat itu bisa mengambil tubuh penulis yang mati dari kapal feri di mana menghilang ke lokasi pantai saat dia diketemukan. Orang tua tersebut juga mengungkapkan bahwa seorang wanita tetangga melihat senter di pantai pada malam hari saat mayat itu ditemukan, kemudian terjatuh dari tangga dan akhirnya koma.

Keesokan paginya, penulis itu mengikuti petunjuk menggunakan GPS yang ada di mobil penulis sebelumnya, yang mengarah ke rumah Profesor Paul Emmett (Tom Wilkinson), yang juga muncul dalam foto-foto perguruan tinggi dengan Lang yang di tinggal oleh penulis sebelumnya. Penulis tersebut mengatakan kepada Emmett bahwa ia telah menyembunyikan sesuatu. Sepulang dari rumah Emmett penulis tersebut di ikuti oleh sebuah mobil tetapi akhirnya ia bisa menghindar dari kejaran mobil yang mengikutinya tersebut. Akhirnya penulis itu menuju kapal Feri untuk melarikan diri, tetapi dia masih terus diikuti oleh mobil yang mengejarnya tadi. Dia memutuskan untuk menghabiskan malamnya di darat, dan menginap di sebuah motel kecil sampai dia mengetahui dari internet kalau sebenarnya Paul Emmett itu adalah agen CIA.

Penulis tersebut menghubungi Rycart, yang nomor telephonnya di dapat dari penulis terdahulu, dan seseorang itu mengatakan padanya bahwa penulis terdahulu telah mengaku kalau terjadi sesuatu yang telah menimpa dirinya, itu karena mengenai kebenaran Lang yang telah di tulisnya di awal buku. Pria ini tidak bisa menemukan apapun di awala halaman naskah. Lang menghubungi Rycart dan mengatakan pada penulis itu untuk segera pergi dengan Lang. Penulis mempringatkan kalau Lang tidak bisa menghindar tak peduli apa pun yang ia lakukan. Di pesawat, penulis menuduh Lang menjadi seorang agen CIA yang direkrut oleh Emmett, tetapi Lang bersih keras membantahnya.


Setelah turun dari pesawat, Lang ditembak oleh para demonstran anti-perang yang telah kehilangan anak saat Lang menjabat menjadi Perdana Menteri Inggris. Pembunuh tersebut kemudian ditembak oleh polisi inggris yang berjaga di tempat. Penulis ditanyai oleh pemerintah AS dan mengambil paspornya sehingga ia harus tinggal dan memberikan informasi. Meskipun Lang sudah meninggal, penulis diminta untuk menyelesaikan bukunya untuk publikasi anumerta.

Selama pesta peluncuran buku itu, ketika berbicara dengan Amelia, dia diberitahu ketika kejadian penembakan Lang di bandara bahwa naskah itu hanya bisa di akses oleh beberapa orang tertentu. Sebagai "permulaan" berisi bukti yang mengancam keamanan nasional dan Amelia mengatakan kepadanya bahwa paul Emmett adalah guru Ruth ketika dia menjadi seorang sarjana di Fulbright. Dia menyadari bahwa petunjuk yang tersembunyi dalam naskah asli pada awal setiap bab. Dia mengarisbawahi kata-kata pada awal setiap bab dan mengungkapkan pesan, sehingga pesannya berbunyi "Ruth Istri Lang direkrut sebagai agen CIA oleh profesor paul Emmett dari Harvard University" Ruth telah membentuk setiap keputusan politik untuk menguntungkan Amerika Serikat, seperti yang diarahkan oleh CIA. Penulis memberikan sebuah catatan kepada Ruth, lalu Ruth mebuka catatan itu, dan dia sangat hancur sekali hatinya setelah mebacanya. Dia melihat penulis itu mengangkat gelasnya seolah-olah sedang besulang dengannya dan meninggalkan pesta itu sambil membawa naskah asli di tangannya. Ruth mencoba mengejar penulis itu lalu kemudian dihentikan oleh Emmett.


Huffft....!!! Film The Ghostwriter ini memang menguras otak saya dalam mencerna sebuah adegan demi adegan. Dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam menonton film ini. Padahal kalau dipikir-pikir film itu adalah sarana hiburan, kenapa nonton film harus disuruh berputar otak demi memahami setiap adegan yang terjadi dalam inti sebuah cerita yang di paparkan dalam drama yang berlatar belakan politik ini. Sungguh saya dibuat berfikir dan tanpa memejamkan mata demi menguak misteri apa yang terjadi pada penulis sebelumnya. Dengan adanya sinopsis ini semoga para pembaca memahami adegan dalam film "The Ghost Writer". Penulis tersebut keluar dari pesta peluncuran buku tersebut dan meyebrangi jalan raya. Tanpa shoot adegan dan tanpa efek suara sebuah kertas berhamburan di jalan raya, apa yang terjadi dengan penulis tadi? temukan jawabannya dalam film "The Ghost Writer" Selamat menonton.


Copyright © Ainur Rofiq 2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...