Monday, February 6, 2012

Kisaragi / Februari

Kobai
Kue kecil yang bentuknya seperti aprikot Jepang (ume), dan dihias agar menyerupai kelopak bunga ume merah di awal musim semi. Adonannya terbuat dari pasta kacang dan tepung gandum yang dikukus, sehingga menciptakan warna kemerahan yang indah. Kue ini hanya ada di bulan Februari, meskipun kue ini ada pada bulan lainnya, tapi cita rasa merasakan kue kobai ini tidak senikmat pada bulan Februari dimana bulan Februari awal musim semi.

Tanggal 1
Hari Peringatan Siaran Televisi
NHK (Perusahaan Siaran Jepang) memulai siaran televisi secara teratur pada tanggal ini di tahun 1953. Pada masa itu TV harganya sangat mahal, tetapi kini terdapat sekitar sebuah TV untuk setiap orang di seluruh negeri.

Tanggal 1 sampai 5
やや祭りYa Ya Matsuri (Festival Bertengkar), di kuil Owase, Propinsi Mie. Festival ini agak aneh, dimana orang-orang disiram air dingin bahkan anak kecil yang telanjang pun di siram air dingin. gak kebayang dinginnya air es.


Tanggal 3Setsubun (upacara tradisional mengusir iblis)

Pada tanggal 3 Februari, hari sebelum musim dingin berubah menjadi musim semi, upacara Setsubun dilakukan untuk mengusir pengaruh yang merusak dan membawa keuntungan serta kebahagiaan. Di rumah-rumah, kebiasaaannya adalah dengan menyebar kacang panggang sambil berteriak, "Oni wa soto, fuku wa uchi!" yang artinya "Iblis keluar, keuntungan masuk". Kebiasaan ini disebut mame-maki. Bintang-bintang media ternama dan atlit diundang ke beberapa tempat suci dan kuil terkenal untuk melakukan mame-maki, membawa kegembiraan tambahan untuk masyarakat. Foto disamping memperlihatkan kegiatan Setsubun di kuil Kushida di Fukuoka.
Topeng Iblis yang dilempari
kacang selama Setsubun

Tanggal 4
立春Risshun (Dimulainya musim semi) yaitu hari pertama musim semi, dimana pada tanggal 4 Februari bujur ekliptika matahari terletak pada 315 derajat.

Tanggal 6 sampai 13 (kira-kira)
Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo)

Sapporo adalah kota terbesar di Hokkaido, pada awal bulan Februari merayakan musim dingin dan salju setiap tahun. Di taman Odori,, anda dapat melihat lebih dari 150 patung besar yang terbuat dari salju dan es, menggambarkan berbagai bentuk mulai dari karakter televisi terkenal sampai karya arsitektur dunia. Ketika malam tiba, lampu-lampu sorot berwarna-warni membuat patung-patung tersebut berkilauan, menciptakan dunia impian di musim dingin. Anda juga bisa menonton konser dan acara lainnya selama kunjungan Anda ke sana.

Tanggal 10 dan 11
Festival Inukko, di Yuzawa, Popinsi Akita. Tradisi yang diwariskan dari tahun 380 dirayakan sampai sekarang. Dimana festival Jiwa Anjing putih lokal yang dulunya pernah menyelamatkan rakyat Yuzawa.

Tanggal 11
Hari Pendirian Negeri, dijadikan hari libur Nasional pada tahun 1966. Sebuah kepercayaan kuno bahwa kaisar Jepang pertama, Jimmu Tenno, dinobatkan pada tanggal ini.

Tanggal 14
Hari Kasih Sayang

Menurut legenda, seorang pendeta Kristen, Santo Valentine, mati secara martir di Roma pada tanggal 14 Februari, pada sekitar abad ke-3. Hari ini menjadi hari kasih sayang di jaman pertengahan Eropa. Di Jepang sejak tahun 1970-an, menjadi umum bagi para wanita muda untuk menandai hari ini dengan memberikan coklat kepada pemuda yang mereka sayangi atau kagumi. Mulai dari awal bulan sampai tiba harinya. Anda dapat melihat para wanita berkerumun disekitar pajangan coklat di toko-toko.

Tanggal 15 dan 16
Acara Yokote Kamakura, di Yokote, Propinsi Akita. Sebuah kamakura dibuat dengan memadatkan salju menjadi gundukan yang besar, dan kemudian dilubangi bagian dalamnya menjadi ruang yang nyaman. Duduk di dalam kamakura   adalah salah satu kesenangan musim dingin untuk anak-anak setempat, dan makanan kecil termasuk kue beras mochi panggang dan ama-zake (minuman manis terbuat dari fermentasi beras).

Tanggal 16 sampai 18
Tokomachi Yuki Matsuri (Festival Salju Tokomachi), di Tokomachi, Propinsi Niigata.
Tanggal 18 (kira-kira)
Akiyoshidai Yama-yaki (upacara pembakaran rumput)
Pada dataran tinggi Akiyoshidai di Propinsi Yamaguchi terdapat koleksi gua batu kapur terbesar di Jepang. Rumput mati dan tanaman lainnya di atas gua di dataran tinggi Karst dibakar setiap tahun pada akhir bulan Februari, yang sebetulnya untuk mendorong pertumbuhan berikutnya.

Tanggal 20
Kabuki no Hi (Hari Kabuki). Pada tahun 1607 Okuni dari Izumo telah menunjukkan untuk pertama kalinya tarian Kabuki dipentaskan di depan penguasa feodal di Edo Shogun Tokugawa Ieyasu.

Tanggal 25
Kitano Baika-sai (Festival Mekarnya Bunga Plum Kitano), di kuil Kitano Tenmangū, Kyoto. Merayakan mekarnya bunga Pulm yang di selenggarakan tanggal 25 Februari. Festival ini dimulai kira-kira jam 10:00. Festival ini juga memperingati hari kematian Sugawara Michizane yang dikenal sebagai Dewa pelajar. Pada hari itu banyak barang antik dipamerkan seperti, tempat makan kuno, pakaian adat dan barang sehari-hari yang digunakan.

Kuil Kitano Tenmangū sangat terkenal banyak orang Kyoto yang datang berkunjung. Kuil Kitano Tenmangū adalah tempat terbaik untuk melihat mekarnya bunga Pulm di Kyoto. Kuil ini sangat dihormati karena Sugawara Michizane dikenal sebagai Dewa pelajar, jadi dengan keakraban dan rasa hormat Sugawara Michizane biasa disebut "Tenjin-san" atau "Kitano-san". Sejak dahulu orang-orang berdatangan ke kuil ini hanya untuk menenangkan jiwa mereka dari sifat keduniawian.  

Kuil Tenmangū
Papan nama kuil yang bertuliskan "Tenmangū".


Pertengahan Januari sampai awal Maret
Musim Ujian masuk Sekolah dan Universitas.

Di Jepang, tahun ajaran dimulai pada bulan April, dan ujian masuk sekolah dan Universitas pada umumnya diselenggarakan pada bulan Februari. Karena ketegangan bertambah sebelum ujian, para pelajar dapat pergi ke kuil Kitano Tenmangū untuk meminta inspirasi dari orang suci pelindung pengajaran, Sugawara Michizane (845-903). Mereka menuliskan keinginan mereka pada sepotong kayu hias yang kecil yang disebut ema, dan kemudian menggantungnya di kuil. Sampai hasil ujian diumumkan, orang tua akan cukup sering mengunjungi kuil, dengan permintaan yang sungguh-sungguh untuk kesuksesan anak-anak mereka.

Sumber :
- http://web-japan.org
- http://www.yamagatakanko.com
- http://aios.city-yuzawa.jp
- http://kitanotenmangu.or.jp
- http://www.mario-k.net
- http://kisetsunohana.blog.shinobi.jp/













Copyright © arqu3fiq 2011

30 comments:

  1. cukup tau soal setsubun, dari komik.
    hehe..

    Wahh,....
    thanks for sharing bang rofik!!
    *nambah pengetahuan ttg budaya jepang*

    hehe :D

    ReplyDelete
  2. waaah budaya jepang terjaga dan unik ya...
    :)

    ReplyDelete
  3. Saya jadi keingetan temen-temen saya yang sedang dijepang.T___T

    ReplyDelete
  4. @Aul howler : Ha iya, dengan membaca komik kita juga tahu tentang kebudayaan Jepang, karena di komik sering di jadikan background. Sip sama-sama my brother.

    @zone : Iya terjaga dengan unik, karena orang Jepang rajin dan disiplin.

    @Asep Saepurohman : Ayo buruan nyusul teman-temannya ke Jepang Bro Asep.

    ReplyDelete
  5. wah komplit banget ne sob, untuk upacara adat Setsubun itu tergolong uniknya, mungkin kalu dikita seperti tahlilan kali ya. nice info sob happy blogging

    ReplyDelete
  6. balik lagi. artikel ane baca ulang sangat menarik lho sob. kalau di ijinkan. ane pingn repost ulang di tips wisata murah, supaya di baca ribuan pembaca yang hadir disana, otipun kalau di ijinkan.. thanks
    oh ya mohon konfirmasinya

    ReplyDelete
  7. @Wisata Murah: Silahkan kalau bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. pengen langsung liat ke daerah asalnya ((:

    ReplyDelete
  9. Andai, budaya kita masih terjaga kuat seperti budaya jepang. Dimulai dari budaya jombang :D

    ReplyDelete
  10. @TUKANG CoLoNG : Silahkan terbang ke Jepang kawan.

    @Fajar : Hahahaha... Iya kawan semoga tetap terjaga budaya Jombang.

    ReplyDelete
  11. lebih cepat dua-tiga bulan yah tanggal masuk sekolahnya?

    ReplyDelete
  12. @nuel : Iya kawan, di Jepang sistemnya seperti itu. Karena ada libur musim panas dan libur musim dingin, jadi sekolah di Jepang itu full day school, karena waktunya juga pendek

    ReplyDelete
  13. festival di Jepang cantik-cantik yaaaaah huhuhu.. pengen ke Jepang

    ReplyDelete
  14. wow .. byk sekali perayaan di san ya Ar .. ada valentine juga :)

    ReplyDelete
  15. jadi pengen ke jepang liat langsung perayaann itu.. kental banget nuansa budayanya yaah.. ini semacam kalender wiata deh :)

    ReplyDelete
  16. Saya baru tau nih ada budaya ginian di Jepang :D
    Keren ya, tradisional banget.
    Adat istiadatnya masih terjaga dengan baik :)

    ReplyDelete
  17. @Mila Said : Ayo Mil, next journey kamu harus ke Jepang ya.

    @Ely Meyer : Iya mbak Ely festival nya banyak sekali, apakah di sana juga ada festval?

    @Gaphe : Iya kawan, ayo di jadwalkan liburan ke Jepang. Hehehehe...

    @Zippy : Wah...akhirnya jadi tahu kan kalau ada banyak kebudayaan. Terima kasih kawan.

    ReplyDelete
  18. aku rasa Jepang sangat terkenal di seluruh dunia karena orang Jepang itu BANYAK BANGET ISENGNYA...

    ^_^

    btw, topeng iblisnya lebih ke GANTENG daripada nyeremin.. hahahhaa

    ReplyDelete
  19. @ndop : Oh iya...iseng yang bagaimana mas bro?

    ReplyDelete
  20. @Malapetaka : Bukan saya asli orang jawa, cuman belajar Jepang aja. Hehehehe...

    ReplyDelete
  21. kisaragi artinya bulan februari.. aku baru tahu

    ReplyDelete
  22. @Ario Antoko : Kisaragi bukan februari artinya, tapi itu istilah di bulan februari. Jadi setiap bulan ada istilah Jepangnya sendiri-sendiri. Kalau Februari itu "Nigatsu".

    ReplyDelete
  23. wahhhhaaaa. lengkap. doain gw bisa ke jepang bro. pengen banget next trip ke sana. ato kita barengan aja

    ReplyDelete
  24. @Bayu Hidayat : Iya mas Bayu silahkan holiday ke Jepun, entar aku ikut gratisan tentunya. Kan aku translatornya. Hehehehe...

    ReplyDelete
  25. lihat foto2nya ,,, jadi pengen ke jepang nih,,

    ReplyDelete
  26. @Bisnis : Iya kawan silahkan berlibur ke Jepun, saya saja kepingin tapi belum kesampaian. Hehehe...

    ReplyDelete
  27. saya familiar dengan topeng merah itu?
    kamen rider aja make itu y?heheheh

    ReplyDelete
  28. Pengen ke jepang sih, tapi takut gak kuat dinginnya cuaca di sana. nice share. Kunjung balik ya ..

    ReplyDelete
  29. @rezKY : Hah...masak iya sih? aku koq gak tahu?

    @Sundee : Iya sama, aku juga pengen ke Jepang, tapi gak ada biaya. Hehehehe...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...