Wednesday, June 6, 2012

Minazuki / Juni


Minazuki
Juni




Ajisai
Sepotong yokan (agar-agar kacang adzuki yang manis) berwarna ungu muda dipotong berbentuk kubus dan ujungnya dibulatkan, agar terlihat seperti bunga ajisai (hydrangea) isinya terbuat dari pasta kacang putih. Kue ini menolong anda melupakan suasana muram dari musim hujan.

ajisai (tanaman hydrangeas) di Kuil Meigetsu-in di Kamakura.
Begitu banyak yang telah ditanam di sana sehingga julukan kuil ini adalah Ajisai-dera. Bunga ini bersamaan dengan hujan menciptakan pemandangan Jepang yang khusus untuk saat ini.
Nyubai, awal musim hujan
Musim hujan turun di kepulauan Jepang, kecuali untuk Hokkaido di sebelah utara, selama kira-kira enam minggu. Minggu-minggu tersebut pasti termasuk bulan Juni. Kata dalam bahasa Jepang untuk "musim hujan" adalah tsuyu, dan awal dari musim ini disebut nyubai, atau tsuyu-iri.





Musim memancing ikan ayu dimulai
Ikan sweetfish (ayu) hidup di sungai-sungai di seluruh Jepang, dan musim memancing ikan ini dimulai pada tanggal 1 Juni. Sampai musim tersebut berakhir di musim gugur, para pemancing dan wanita mencari ikan lezat ini yang dikenal karena baunya yang khas yang membuatnya menjadi tambahan yang lezat untuk makanan mewah apapun. Cara utama untuk menangkap ikan ayu adalah dengan mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa ikan ini menjaga daerah sungainya-tali pancing dipasangi ikan tiruan yang mempunyai kaitan, kemudian ikan tiruan ini dimasukkan ke dalam air untuk menangkap ikan yang mencoba untuk meyerangnya.


foto by The Mainichi Newspapers Co.
Pertandingan Perahu Naga Hare Itoman
Para pria yang mewakili desa mereka melompat ke dalam perahu kecil dan kemudian bertanding, mendayung air dalam tugas mereka untuk menempati tempat pertama. Di balik kegiatan ini, yang disebut Hare, adalah keinginan untuk tangkapan ikan yang banyak dan keselamatan di laut. Komunitas penangkap ikan di Okinawa mengadakan pertandingan lokal, yang menjadi festival musim panas untuk para penangkap ikan. Pertandingan yang paling menyenangkan adalah di kota Itoman. Dikatakan bahwa musim hujan Okinawa berakhir ketika gong berbunyi untuk menyatakan mulainya festival ini.

Koromo-gae (pergantian baju untuk musim ini)
Menurut tradisi awal bulan Juni adalah waktu untuk mulai mengenakan pakaian musim panas. Pakaian musim dingin disimpan untuk musim tersebut. Kebiasaan ini dimulai sebagai kegiatan resmi di Istana Kaisar, kemudian mulai menyebar ke masyarakat umum. Sekolah dan perusahaan yang berseragam masih mengikuti kebiasaan ini, dengan setiap orang mulai mengenakan seraga, musim panas mereka pada saat ini.

Tanggal 2
Festival tahunan pembukaan pelabuhan di Yokohama dan Nagasaki

Hari Sabtu dan Minggu pertama
Festival Weston di Kimikochi
Walter Weston adalah misionari dan pendaki gunung alpen dari Inggris. Festival ini untuk menghormati kesuksesannya dalam memperkenalkan Pegunungan Alpen Jepang kepada dunia melalui tulisannya. Festival ini juga merayakan dimulainnya musim mendaki gunung di musim panas. Diselenggarakan di Kamikochi, di Propinsi Nagano, Jalan kecil di gunung yang dimulai dari sini menuju beberapa dari pendakian terbaik di Pegunungan Alpen Jepang.

Tanggal 10
Festival Jam Air di Kuil Omi, Otsu, Propinsi Shiga
Di Jepang, jam air pertama dibuat sekitar 1.300 tahun yang lalu sesuai permintaan dari Kaisar Tenchi. Festival ini yang merayakan tanggal pertama kalinya jam tersebut digunakan, dan diadakan pada hari ini, disebut Toki no Kenen-bi (Hari untuk Memperingati Waktu). Festifal kuil ini mengingatkan Kaisar Tenchi, yang mendirikan ibu kotanya daerah ini.

Juni dan sebagian Juli, terutama 3 minggu terakhir Juni
Musim hujan (tsuyu)
Di Kyushu sebelah selatan, musim hujan berlangsung sekitar akhir Mei sampai pertengahan Juli. Di daerah Tohoku sebelah utara musim ini berlangsung dari sekitar pertengahan Juni sampai akhir Juli.

Hari Minggu ketiga Juni
Hari Bapak

Tanggal 20
Kurama Take-kiri-e Shiki, di Kuil Kurama-dera, Propinsi Kyoto
Delapan pria berdandan sebagai pasukan pendeta di jaman pertengahan yang di bagi menjadi dua tim, Timur dan Barat, dan kemudian bertanding untuk melihat tim mana yang dapat memotong batang bambu tercepat. Tim yang menang dikatakan dapat memberikan komunitas mereka kesempatan baik untuk panen yang baik.

Tanggal 21 (kira-kira)
Geshi (titik balik matahari di musim panas)

Hari Sabtu dan Minggu terakhir bulan Juni
Musim mendaki gunung dimulai di Gunung Daisetsu, di Taman Nasional Daisetsuzan, Hokkaido
Di beberapa bagian Jepang, mulainya musim mendaki gunung mungkin ditandai dengan upacara. Sebelum musim ini dimulai, orang-orang diharapkan untuk menunda mendaki gunung yang tinggi karena salju dan udara dingin. Musim ini dimulai pada pertengahan April di bagian negeri yang lebih hangat. Pembukaan terakhir dalam setahun adalah akhir minggu terakhir di bulan Juni untuk kelompok gunung Daisetsuzan di Hokkaido tengah (puncak tertinggi, Asahidake, mempunyai ketinggian 2.290 meter). Gunung lebih besar yang terkenal seperti Gunung Fuji, puncak Kamikochi, dan Daisen (Propinsi Tottori), dilarang sampai bulan Juni.

Akhir Mei sampai akhir Juni
Festival Iris Suigo Itako, di Itako, Propinsi Ibaraki
Kota Itako terletak di daerah yang lebih rendah dari Sungai Tone. Daerah ini mempunyai jaringan anak sungai yang sempit, dan daerah pinggiran sungainya dihiasi dengan bunga iris yang mulai mekar pada akhir bulan Mei. Bunga iris berwarna ungu, kuning dan putih-sekitar 1 juta tanaman dalam 500 jenis-tahan terhadap cuaca yang panas dan lembab di musim hujan dan menciptakan pemandangan seperti di kartu pos dengan kelopak bunga yang seingkali dipenuhi dengan titik-titik air hujan.

Sumber: http://web-japan.org/nipponia/nipponia34/en/feature/feature06.html


3 comments:

  1. aku ngebanyangin Ajisai ini agak mirip kue lapis ya sob. hhehe pasti rasa enak banget dech

    ReplyDelete
  2. Ayo, kapan nulis jadwal event untuk Indonesia.... Yang Jepang sudah lengkap banget.... salut dah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...