Thursday, April 24, 2014

Data Hilang Itu Sesuacok Banget

Uppss...!!! Maaf kalau ada yang tidak berkenan dengan judul saya. Habis bagaimana lagi menuangkan perasaan kesal saya jika tidak dengan tulisan atau kata-kata umpatan sperti itu. Mungkin bagi kalian yang dari luar Jawa bingung, emang kata "Ancok" itu apa? Hehehe...kata "Ancok" adalah umpatan khas arek-arek Suroboyo. Kasar banget di dengarnya. Jadi sekali lagi saya mohon maaf jika judul saya tidak berkenan. Sudah jangan bahas kata itu lagi. Awal mulanya berawal dari lepy kesayangan saya. Bagaimana tidak marah coba! kalau sesuatu yang sangat berharga tidak bisa di selamatkan. Rasanya kenangan bertahun-tahun seperti di format dan hilang begitu saja dari ingatan saya.


Sebelumnya Laptop baik-baik saja sudah hampir dua tahun tepatnya satu tahun sepuluh bulan dari pembelian. Entah itu rusak karena memang sudah waktunya rusak atau karena goncangan karena sering saya bawa kemana-mana itu laptop. Tiap pulang ke kampung selalu saya taruh di bagasi campur tas bawaan lainnya. Sehingga saat goncangan saya tidak tahu goncangan berat apa ringan.

Ketika laptop sudah mulai menunjukkan gejalanya saya tenang saja tidak mencoba untuk membackup data saya. Saya pikir nanti kalau mati hanya di instal windows baru saja. Ternyata setelah saya bawa ke ASUS Care Center, HD saya harus di replace dan semua data lenyap kata mbak-mbak baju biru CS nya ASUS. Seketika itu saya langsung diam melongo #kontemplasi.

"Datanya sudah di backup kan Pak?" tanya mbak CS nya. Ah...Eh...Oh...kayak orang kena stroke saya bicara gagap sambil memikirkan semua data saya yang sangat penting dalam laptop. Ya sudah apa boleh buat, mumpung garansinya masih ada saya iya kan saja karena tidak di pungut biaya sama sekali. Lagi pula kalau HD nya tidak di replace mau bagaimana lagi. Dengan resiko data hilang semua. Mbak CS nya segera mengecek fisik dari laptop saya dengan cekatan, segera menulis data di form dan menyuruh saya untuk tanda-tangan sebagai serah terima barang untuk di service. "Deal" saya harus menunggu seminggu karena stock HD di tempat itu ada apa tidak.

Bagai punguk merindukan bulan, aku menanti-nanti mbak CS nya menelpon aku mengabari kalau Laptop nya sudah jadi dan bisa di ambil. Seminggu aku nungguin mbak CS nya kok gak telpon? Akhirnya aku segera ke ASUS Care Center setelah hari yang di tentukan sama mbak CS nya. Hampir aku mau melabrak mbak CS nya kenapa kok gak telpon kalau sudah jadi laptop saya. Usut punya usut, ternyata mbak CS nya salah dengar pas mencatat nomor telpon yang saya beritahukan lewat lisan. Jadi yang salah gue apa mbak CS nya ya? Sudah lah yang penting laptopku sudah jadi.

 Hore...akhirnya jadi juga laptopku dengan HD baru dengan kapasitas sama sebesar 750GB. Setelah melakukan pengecekan bersama-sama, laptop saya dinyatakan aman dan bisa di bawa pulang untuk di gunakan. Saya sangat bahagia

Eits....tunggu dulu. Awal mula fine fine aja karena aku belum maen game sama buka youtube. Kasusnya kalau buat buka Youtube kayak muter VCD yang disc CD nya beset dan gores. Masak buka Youtube kayak muter VCD sih pikirku. Gambarnya buram, rusak banget, goyang-goyang, parah pokoknya. Selain itu buat main Game gambarnya juga pecah pecah.

Akhirnya aku balikin lagi ke ASUS Care Center. Aku luapkan keluh kesah ku tentang Laptop yang belum beres itu. Setelah di analisa lebih jauh lagi. Ternyata gantian yang kena VGA nya. OMG...cobaan apa lagi ini. Ya sudah... masuk bengkel lagi kalau begitu, mumpung masih ada garansinya kan. Masih gratis ya segera di bereskan Laptopku yang eror ini.

Fine... kasus VGA rusak sudah di ganti baru lagi gratis. Tapi VGA nya tidak sama dengan spec yang sama seperti aslinya yaitu AMD Radeon™ HD 6730M GPU accelerates graphics, karena alasan stock lagi kosong. Sehingga di ganti dengan spec nVIDIA GeForce GT 540M dan model serinya yang dulu A43SA menjadi K43SV. Whatever lah...yang penting Youtube nya gak kayak CD rusak. Semoga kedepannya laptopku baik-baik saja. Amien.

22 comments:

  1. loh bukannya data di harddisk itu masih bisa diamankan,,,apalagi ini sudah masujk ASUS center..seharusnya mereka punya aplikasi untuk itu..nggak main replace saja....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa di amankan sih. Tapi pihak ASUS gak mau ribet. HD lama di minta sama pihak ASUS untuk bukti. Mau bagaimana lagi. Sudah di ganti HD baru gratis. Pernah sih saya tanyakan, pinjam HD saya yg lama tadi untuk di selamatkan datanya. Eh mbak nya bilang tidak boleh. Ya sudah apa boleh buat.

      Delete
    2. itulah realita
      konsumen selalu diposisikan sebagai korban walaupun dapat barang baru. kalo boleh milih saat letopku rusak, mendingan hdd nya beli asal datanya utuh heheh

      Delete
    3. Mas Rawin, kalau bisa ya HD nya ganti baru gratis tapi ada service save data juga. Itu baru totalitas CARE CUSTOMER SERVICE.

      Delete
  2. Kayaknya CS-nya nggak masksimal ya.... kalau memang data bisa diamankan mereka pilih gampang aja dan nggak mau repot.... Buat back-up biasanya kita di rumah pake external hard disk yang lumayan besar kapasitasnya) Kalau buat di kantor untung ada back-up otomatis di common server (ada perusahaan khusus yang dihire kantor buat urusan maintenance kayak begini).

    BTW, saya nggak berani taro laptop di bagasi, selalu di hand luggage karena takut ketimpa2x dan kebanting2x tiap travel kecuali kalau bawa kendaraan pribadi, ini kayaknya ngaruh juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan di Indo kan kayak gitu Mbak. Tidak mau ribet karena nanti gajinya sama aja. Saya gak mau debat sama CS nya, yang penting Laptop bisa di gunakan kembali.

      Ngaruh banget kalau di taruh bagasi belakang meski pakai mobil pribadi. Goncangan di jalan kan tidak tahu seberapa parahnya. Semoga aman-aman saja kali ini.

      Delete
    2. hdisknya ganti pake ssd, om
      bebas goncangan...

      Delete
  3. Hal yang sama terjadi dengan macbook ku, gak bisa start up. Trus bawa ke tukang servis, untung datanya bisa diback up, tapi abis dibenerin banyak fitur macbook ku yang kayaknya gak maksimal. Darn, I miss my pre-formatted-macbook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Cipu untung datanya masih selamat. Apa nggak di coba lagi di bawa ke Mac Care Center trus di upgrade OS nya gitu kali aja bisa normal lagi fitur yang hilang itu.

      Delete
  4. Glek

    Post ini bikin aku jadi inget aku pernah ngerusakin laptop papa.....
    :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...ini malah parah. Laptop buat kerja papa malah di rusakin.

      Delete
  5. Sayang banget yah data2nya harus hilang, kalau aku udah stress banget... Soalnya hampir separuh masa depanku ada di laptop, seriusan. -_-

    I'm sorry

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bagaimana lagi, data hilang ya harus di ikhlaskan. Sudah tidak bisa berbuat apa-apa. Kalauy tugas kuliah sama skripsi ya masa depan suram. Hahahaha...

      Delete
    2. Bukan tugas sih, hahaha.... Tapi naskah2 cerpen sama novel. Hahaha...

      Delete
  6. Aku pernah ngalamin. Makanya sampe skrg rutin backup data ke CD. Kapok hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gak beli HD Eksternal aja Mil? Butuh berapa keping CD tuh? Tapi bagus juga buat jaga-jaga.

      Delete
  7. hadir lagi menyapa sahabat...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. Senang donk Ar sekarang laptopnya sdh baikan lagi ya, kalau soal beginian, suamiku nih yang ngatasi

    Makasih lho sudah dikasih pilihan Name/URL :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah suaminya pinter service elektronik dong Mbak?
      Iya mbak maaf ya atas ketidak nyamanan anda. Karena dulu ada yang komen spam jadi aku setting ulang. Maaf.

      Delete
  9. Semua Service Center Laptop kya-nya kayak gitu semua ya. gak mau ribet, untuk masalah data penting pun langsung main ganti aja HDD Drivenya. Hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga sih. Terima kasih sudah mampir.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...