Wednesday, December 17, 2008

Japan Pop Culture 2008 UNESA

Sabtu-Minggu (13-14/12) UNESA mengadakan acara bertemakan kebudayaan Jepang yang di beri nama Japan Pop Culture 2008 atau di singkat dengan JPC ‘08, yang di adakan di Gedung Pertunjukan Sawunggaling Unesa Lidah Wetan Surabaya. Nah kantorku yang bergerak dibidang pendidikan bahasa Jepang mendapatkan undangan resmi dari BEMPS PB Jepang (Badan Ekskutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang) Secara siBOZ orang terpenting yang memegang jabatan sebagai Ketua Jurusan Prodi Bahasa Jepang di Unesa. Akhirnya mau tidak mau kantorku mendapat jatah untuk mengisi stand bazar yang dilaksanakan pada 13-14 Desember 2008.

Akhirnya aku lah yang ketiban sampur atau dengan kata lain yang ditunjuk untuk mengisi stand bazar itu. Aku jadi tidak bisa mengahdiri perhelatan akbar Pameran Komunitas Bersama TPC di Empire Palace Surabaya. Aku pengen banget bisa kumpul-kumpul bersama mereka menjunjung tinggi nama TPC. Mau tidak mau aku harus melaksanakan amanat dari si BOZ. Dan akhirnya aku menjaga stand bersama Andhika teman satu kantor yang kebetulan dia juga lulusan dari PB Jepang Unesa. Jadilah aku bersama Andhika mempersiapkan segala sesuatu yang harus di bawa pada acara itu.

Acara yang di usung oleh JPC ’08 sangat beragam. Diantaranya adalah :
1. Lomba Komik / Manga
2. Lomba Design karakter anime
3. Cosplay
4. Parade Band
5. Lomba Pidato Bahasa Jepang
6. Lomba Menulis huruf Kanji
Dan masih banyak lagi game seru lainnya !!!

Bagian yang paling menarik dan sangat di butuhkan kekreatifan seseorang adalah lomba Cosplay. Cosplay itu sendiri artinya Costum Player, jadi lomba ini meniru costum tokoh-tokoh anime semirip mungkin. Peserta yang mengikuti Cosplay ini diharuskan berjalan diatas panggung selama 3-4 menit dan menunjukkan aksi dari para tokoh anime yang mereka tiru. Sayang aku tidak bisa membuat skrinsut yang di atas panggung dikarenakan aku harus menjaga stand yang diultimatumkan kepadaku. Tapi aku bisa membuat skrisut mereka pada saat selesai manggung dan itu pun terbatas pada beberapa tokoh anime yang menrutku bagus. Inilah aksi-aksi mereka lewat skrinsut dari HP Usang.


Gbr. Tokoh Shinigami pada anime yang berjudul Death Note.



Gbr. Aku bersama tokoh Shinigami yg menyeramkan.



Gbr. Aku membawa buku kematian



Gbr. Aku bersama Luffi pada serial One Peace *gag mirip-mirip amat tapi costumnya bagus*



Gbr. Aku bersama Naruto yang gag jelas.


Acara ini juga di hadiri oleh Konsulat Jenderal Jepang (Konjen Jepang) secara Konjen Jepang yang menaungi seluruh gerak-gerik aktifitas Jepang di wilayah Jawa Timur. Dari kubu Konjen Jepang menampilkan Pamerang yang sangat berharga nilainya yang diimport dari Jepang. Seperti memamerkan pajangan hina matsuri dan maket tempat-tempat menawan di Jepang.







Mungkin cukup sudah aku melaporkan acara JPC ’08 yang di adakan oleh UNESA kali ini. Karena aku cukup kelelahan mengangkat barang-barang yang aku bawa dari kantor. Di tambah hujan pada sore hari yang membuat suasana menjadi galau oleh terpaan air hujan yang mengguyur seluruh tubuhku. Selamat beristirahat semoga esok hari aku masih bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya.


Copyright © arqu3fiq 2008

10 comments:

  1. Kalo pameran budaya luar negri mesti rame ... yang dateng anak2 muda ... berasa keren gitu kalo datang kesana atau pake pernak pernik budaya luar .. palagi ampe ke negrinya ... hehe

    tapi kalo pas pameran budaya indonesia yg dateng orang2 sepuh alias orang tua ... hehe

    peace ...

    ReplyDelete
  2. wah.....
    aq ga ngikut kesitu.....
    kayaknya acarae asyok tuh........

    ReplyDelete
  3. kalo pameran kebudayaan kita ga gaul abies yah tapi entek yo ... xixixi

    sedih hatiku rek ... ketoane kalo mencitai budaya kita sendiri ndeso banget :((

    ReplyDelete
  4. wah..yang jadi luffi itu malah mirip petani pak...wakakakaa....nice pic :)

    ReplyDelete
  5. @andre : Wakakakak... Iya mirip petani. Tapi kalau liat langsung bagus koq.

    ReplyDelete
  6. Ya oloooo... narsisnya kamyuuu !@#$%^

    Eh... yg kecil2 itu boneka kimono ya ? :D

    ReplyDelete
  7. Moshi2.... Hajimemashite! Yuki desu. Gomen nasai yah,, pengunjung baru,,, tapi banyak cuap2...


    first, i want to say: cosplaynya fotonya kok gitu aja??? mana cosplay yang tokyo mew2?? (mereka itu teman2kuh) tapi kenapa tidak kau masukkan???

    second, kenapa foto light yagami alias kira I dari smalibels nggak dimasukin juga?? kan kayaknya dia kyennzz

    third, kenapa cuma cerita cosplay doank???? benronnya mana???? (q jg nak benron soale! wlaupun gak lo2s seleksi)

    fourth, apakah u jg nak unesa yang menangani bagian lomba???? kenapa kanji taikainya lombanya gak jelas????

    fifth, kunjungi blogku juga ya? disana aku juga nge-post about JPC kemarin. Tapi masih dalam versi tsuzuku (bersambung). Kelanjutannnya atau foto2 cosplay yang lebih buannyak akan ada after aku selesai dengan urusan UAS. kira2 tgl 17 dah kelar. kunjungi okeh? kasih comment jg!

    rokutsu?? maju terus deh UNESA!!! ichiban...

    dah gitu ae. makasih. xie2 ni. arigatou. danke. gracias. kapkungka. merci. sukron. kamusamunida. trims. matur suwun. dah kasih kesempatan buat menumpahkan uneg2.

    yun~chan, beserta segenap pengurus osis furuba.

    ReplyDelete
  8. yuki-chan : first : aku gag sempat foto cosplay tokyo mew2 coz aku sibuk dgn stand yg ditugaskan dari kantorku.

    second, third : idem sama first.

    fourth : aku bukan anak unesa.

    fifth : ujung2nya promosi

    rokutsu : kanke wa nai.

    Arigatou juga.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete