Friday, August 19, 2011

Budaya nge-mall Pada Bulan Ramadhan

Lebaran kurang 10 hari, apa yang sudah kita persiapkan? apakah iman kita masih kuat dalam mengarungi bulan suci ramadhan yang kurang beberapa hari ini? semua orang pasti sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menjemput Idul Fitri yang sudah ditunggu-tunggu sejuta umat Islam di seluruh Dunia. Dari urusan sembako sampai aksesoris tubuh telah dipersiapkan dengan sempurna bagi sebagian orang.

Tampaknya sudah menjadi tradisi budaya nge-mall bagi warga Surabaya dan sekitarnya dalam menyambut Idul Fitri. Mereka berbondong-bondong memenuhi mall-mall yang ada di seluruh penjuru kota pahlawan ini. Dari anak-anak sampai orang tua berjubel memenuhi setiap lorong pertokoan, eskalator dan lift. Mereka nampak asyik sekali menikmati ritual belanja menjelang Idul Fitri, Entah mereka puasa atau tidak (itu bukan urusan saya karena urusan masing-masing individu) mereka tidak menghiraukan panasnya terik matahari yang menyengat kota Pahlawan ini. Baginya adalah belanja, belanja dan belanja mumpung ada discount gede-gedean.



Dari yang saya pantau (kayak wartawan aja) mall yang laris manis dikunjungi warga Surabaya adalah :

CITO (City of Tomorrow)


Seperti Mall Cito terletak di Jl. A. yani No. 288 Surabaya 60234 berada di pinggiran kota Surabaya sebelah Selatan berbatasan dengan Sidoarjo. mall ini banyak di kunjungi warga Surabaya sekitar dan warga Sidoarjo karena letaknya yang sangat strategis bisa di jangkau oleh warga sidoarjo dan sekitarnya, seperti warga krian, seapanjang dan Sidoarjo kota.

ROYAL Plaza


Agak ke utara sedikit ketemu mall Royal Plaza yang terletak di Jl. A. Yani No. 16-18 berada di wilayah surabaya Selatan mall ini banyak dikinjungi warga Ketintang, Surabaya Selatan dan sekitarnya. Mall ini juga letaknya sangat strategis, bisa di akses dari mana saja, seperti dari arah Sidoarjo, dari arah Gunung Sari dan dari arah Surabaya pusat. Berhubung mall ini dekat dengan Kampus UNESA Ketintang Surabaya dan SMA Kemala Bhayangkari, mall ini banyak dikunjungi oleh kaum pelajar, entah hanya jalan-jalan saja atau makan-makan di foudcourt lantai 5.

TP (Tunjungan Plaza I-IV)


Ke utara lagi kita akan menemukan TP terletak di Jl. Basuki Rahmat 8-12 berada di pusat jantung kota Surabaya, mall ini banyak di kunjungi secara mall ini terbagi atas TP-1, TP-2, TP-3 dan TP-4. Dilihat dari kebutuhan konsumen, mall yang terbagi menjadi empat kelas ini mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Seperti TP-4 yang baru di antara ke tiga mall lainnya. TP-4 ini berkelas menengah keatas dengan label SOGO.

Plaza Surabaya atau DELTA Plaza


Beranjak ke arah sebelah timur TP, sebelah timurnya lagi Gedung Grahadi, kita akan menemukan Delta Plaza yang terletak di Jl.Pemuda No.33-37. DELTA Plaza merupakan salah satu mall terlama yang ada di kota Surabaya, mall ini juga tidak sepi dari pengunjung meski hari biasa, karena berada di pusat kota dekat dengan berbagai macam perkantoran di Surabaya sehingga mudah dijangkau bagi karyawan kantor yang sedang mencari makan siang atau juga di pakai meeting dengan para kliennya. Mall ini berdempetan secara tidak langsung dengan WTC (World Trade Center) pusat Mobile Phone di Surabaya, mau tidak mau para pengunjung mampir ke DELTA Plaza untuk mencari makan/minum atau berbelanja keperluan masing-masing.

Supermall


Supermall terletak di Jl. Puncak Indah Lontar 2, Surabaya 60123. Berdampingan dengan PTC (Pakuwon Trade Center) ini berada di kawasan Surabaya barat. Pengunjung terbanyak adalah dari warga komplek perumahan elit seperti Villa Bukit Emas, Bukit Darmo Golf, Kota Baru CitraRaya, Graha Family, Adi Istana, dan Pakuwan Indah., warga penghuni apartemen Water Palace, warga Surabaya Barat dan sekitarnya. Mall yang terbagi menjadi dua nama ini juga mempunyai karekter sendiri. Seperti Supermall mempunyai kesan mewah yang cenderung untuk kelas menengah keatas.

JMP (Jembatan Merah Plaza)


JMP (Jembatan Merah Plaza) terletak di Jl. Rajawali berada di Surabaya Utara, sehingga mall ini banyak di kunjungi warga Surabaya Utara, warga Madura, warga Gresik dan sekitarnya. Mall yang dulunya bekas terminal Bus dan mikrolet dengan trayek Madura, Lamongan, Bojonegoro, Tuban dan Semarang (arah Pantura), sampai sekarang terminal itu masih beroprasi tapi hanya untuk mikrolet angutan dalam kota saja. Mall ini letaknya sangat strategis sekali karena dekat dengan tempat bersejarah seperti monumen perjuangan arek-arek Suroboyo dan Jembatan Merah yang sangat terkenal itu. Kebanyakan pengunjung mall ini dari kalangan kelas menengah kebawah. Mall ini berfokus sebagai pusat belanja Grosir Garment dari kain sampai pakaian jadi.

KAZA (Kapas Krampung Plaza)


Terletak di Jl. Kapas Krampung 45 Surabaya, Tambaksari Surabaya Timur. Merupakan mall yang sudah terintergrasi antara shopping mall, fresh market, trade center dan hotel.

Pasar Atum Mall


Terletak di Jl Bunguran 45 Surabaya. Berdiri sejak tahun 1972, Pasar Atom merupakan salah pusat perbelanjaan komunitas kaum keturunan China di Surabaya. Secara terletak di daerah PECINAN Surabaya. Dari namanya saja Pasar tapi uniknya Pasar ini dikemas seperti mall pada umumnya dengan fasilitas AC dan eskalator yang tertata rapi, sehingga tidak terkesan kumuh.

SUTOS (Surabaya Town Square)


Terletak di Jl. Raya Adtyawarman No. 55, Surabaya. Sebenarnya mall ini layak di sebut mall makanan. Karena sebagian besar hanya makanan yang banyak kita jumpai di sana. Mall ini merupakan pusat makanan terbesar di Surabaya. Dengan fasilitas yang lengkap seperti Hotel, bioskop, Supermarket dan panggung besar untuk pertunjukan band setiap malmnya karena mall ini buka 24 hour.

BG Junction


Terletak di Jl. Bubutan No. 1-7 Surabaya Utara. Mall ini terbagi atas dua kategori pusat perbelanjaan, Supermarket dan IT Center. Dimana para pelaku IT memperluas usahanya di BG Junction yang menempati Lt.1 dan Lt.2. Kebanyakan pengunjung menyerbu mall ini karena CAHAYA Dept Store selalu mengebrak dengan discount gede-gedean pada bulan Ramadhan.

ITC Mega Grosir


Berada di Jl. Gembong No. 20-30 Surabaya Timur. Mall ini selalu mengadakan discount besar-besaran di Kampoeng Batik, Madinah Center, Pusat Tas dan Sepatu. Juga ada event Ramadhan Expo. Mall yang berseberangan dengan Pasar Atum Mall ini mempunyai tiga pengunjung etnik, yaitu keturunan Tionghoa di Surabaya, keturunan Arab di Surabaya, dan warga pribumi asli Surabaya. Sesuai dengan namanya "Grosir" di sini juga melayani Grosir garment, sepatu dan tas.

Galaxy Mall (I & II)


Berada di Jln. Dharmahusada Indah Timur 37, Surabaya Timur. Mall ini termasuk kelas menengah keatas karena terletak dikawasan perumahan elit seperti Wisma Permai.

DTC (Darmo Trade Center)


Terletak di Jl. Wonokromo. Konsep DTC terbagi atas mall dan pasar. Lantai 1 keatas diperuntukkan pusat perbelanjaan konsep mall dilengkapi juga dengan lift dan eskalator. Sedangkan lantai G ditempati pasar tradisional yang dulunya pasar Wonokromo seperti pakaian, tas, sepatu dan aksesoris lainnya. Lantai UG adalah pasar yang menjual kebutuhan rumah tangga seperti sembako, peralatan dapur dan berbagai kebutuhan lainnya.

Lenmarc


Terletak di Jl. Bukit Darmo Boulevard Surabaya Block G-2 Surabaya Barat. Mall ini mengusung konsep full glass facade yang memungkinkan bagi pengunjung mall yang lewat didepannya bisa melihat dengan jelas isi dalam mall tersebut. Jelas dilihat dari konsepnya mall ini untuk kalangan menegah keatas. Karena untuk ke area Food Chanel setiap pengunjung harus mempunyai kartu magnetik yang natinya akan ketahuan jumlah tagiahan yang harus dibayar setelah berhura-hura di area Food chanel ini. Selain itu outlet-outlet yang tersedia di sini berkelas mewah. Yang paling menarik disini adalah area Chipmuks Playland yaitu area bermain anak-anak dengan konsep modern. Selain itu ada club yang mewah bernama Ice Club dengan member yang menguras kantong orang awam.

GOCI (Golden City)


Terletak di Jl. Abdul Wahab Siamin Surabaya. Mall ini mengusung konsep mall keluarga karena kebanyakan pengunjung lebih asik berbelanja di Supermarket Carrefour dan Hypermart untuk memenuhi kebutuhan sembako. Selain itu juga ada outlet-outlet lainnya seperti fashion, sepatu, tas, kacamata dan aksesoris lainnya.

Grand City


Terletak di Jl. Walikota Mustajab. Mall ini selain mengusung konsep sebagai pusat perbelanjaan juga memiliki fasilitas mall dengan enam lantai yang menawarkan beberapa fasilitas untuk event-event diantaranya, Exhibition Hall, Convention Hall, Ballroom, Meeting Room, Banqueting Service. Mall yang memliki tenant-tenant berkelas International seperti Montblanc, Bally, Tag Heurn, Gucci dan juga masih banyak tenant berkelas International lainnya yang dapat memanjakan anda pecinta barang berkelas tanpa harus mencari keluar negeri.

East Coast Center Surabaya


Terletak di Jl. Kejawan Putih Mutiara No. 17, Pakuwon City Surabaya 60112. Mall ini berada di kawasan hunian Pakuwon City Surabaya Timur sehingga pengunjung terbanyak adalah dari para penghuni Pakuwon City itu sendiri juga dari warga Surabaya Timur sekitarnya. Mall ini mempunyai area City Walk dimana anda bisa menikmati berbagai macam tenant makanan dan minuman yang sangat banyak macamnya dengan menikmati nuansa taman yang asri. Seperti mall lainnya East Coast juga menyediakan tenat Hypermart untuk belanja kebutuhan sehari-hari juga dilengkapi dengan outlet fashion, tas, sepatu dan aksesoris lainnya.

Dari ke tujuh belas mall diatas yang rame dan wajib dikunjungi tiap tahunnya menurut pantauan saya adalah CITO, ROYAL, TP, DELTA, JMP, DTC dan ITC. Sisanya mungkin hanya mencari barang kebutuhan yang mungkin tidak ada di mall lainnya. Sehingga arus perputaran pengunjung sangat kompleks sekali pada hari raya Idul Fitri dan hari Natal.

Tidak semua pelaku mall yang dekat dengan mall itu sendiri akan mengunjungi mall tersebut, dengan alasan mungkin pengunjung lebih familiar dengan mall yang sangat jauh dari tempat tinggalnya mungkin kareana sudah berlangganan atau berbagai alasan yang dikemukakan sesuai selera pengunjung. Maka dari itu telah disediakan mall yang banyak jenisnya dan banyak pilihannya sesuai kebutuhan para pengunjung.

Dari pengalaman pribadi saya sendiri misalnya, kalau membeli DVD (bajakan tentunya) saya lebih suka membeli di ITC yang jauhnya minta ampun dari rumah saya. Mengapa beli di ITC sedangkan di ROYAL dan SUPERMALL yang dekat dengan rumah saya tidak mau membelinya. Alasannya adalah saya sudah berlangganan dengan outlet DVD tersebut sehingga saya mendapat harga yang jauh lebih murah di bandingkan dengan lainnya. Harga normal DVD bajakan berkisar atara Rp.7.000,- sampai Rp. 8.000,- sedangkan saya medapatkan dengan harga Rp. 5.000,-. meski saya membeli 1 keping pun. Lebih murah bukan...???

Dari pengalaman pribadi tidak menutup kemungkinan para pelaku mall lainnya sengaja berjauh-berjauhan ke mall kesayangannya demi mendapatkan barang yang di idamkan dengan harga yang lebih murah tentunya. Maka dari itu jangan menganggap heran ataupun aneh terhadap para pelaku mall seperti itu, mungki anda juga seperti itu, Who Knows. Jadi kembali ke individu masing-masing dalam menyikapi masalah pribadi masing-masing.

Nah...apakah anda sudah pergi ke mall hari ini? Apa aja yang sudah anda persiapkan?

Copyright © arqu3fiq 2011

20 comments:

  1. wow .. mallnya buanyak sekali ya ... jadi nanya kok nggak ada hutannya ya ? pasti puanas sekali daerahnya :) ..... maklum aku org dusun, yg hidup dikelilingi pohon2 raksasa, danau, n hutan :)

    ReplyDelete
  2. dari semua yang disebut aku blm pernah ke kapas krampung plaza. kesannya suram gitu... paling sering ke east coast/ pakuwon city. Belum ditulis tuh

    ReplyDelete
  3. banyak amat mallnya..
    menarik seh..tapi saya bukan anak mall..hehe

    ReplyDelete
  4. Ely Meyer : Iya banyak sekali mall di Surabaya hutannya sudah di tebang di jadikan mall. Hehehehe.... Yang pasti Surabaya panas sekali.

    nico : Kalau east coast saya belum pernah nico, mohon maaf kalau saya lupa menulisnya.

    Prasetyo : Oke kawan. Thanks atas kunjungannya.

    annosmile : Saya juga bukan anak mall kawan. welcome back sobat lama blogger.

    ReplyDelete
  5. saya sukaa yang pakuwon. hehehe deket rumah...

    ReplyDelete
  6. waaaaaah... komplit tenan... apal tenan ya mol molnya.. ck ck ck.. aku beberapa tahun ndik sby wae cuma ning GM tok.. hahaha

    ReplyDelete
  7. bahkan ada yang sampe gila gilan loh 75%.. huehehehe :p

    ReplyDelete
  8. @Anas : Iya bro lebih praktis.

    @CBI : Selamat menjalankan ibadah puasa juga kawan.

    @ndop : Hehehe...Hasil survey bro, masih ada yang kurang tuh mall-nya.

    @Belajar Photoshop : Iya bro emang discountnya ada yang sampe 75% tapi tergantung barangnya.

    ReplyDelete
  9. aku baru tahu ada mall2 baru seperti grand city...

    ReplyDelete
  10. @Mamisinga : Hehehe....Mami, buruan pualng kampung ke Surabaya biar tau mall Surabaya yang baru.

    ReplyDelete
  11. wekeke.. sampeyan niat tenan moto satu2 mall'e.. :p

    ReplyDelete
  12. @fithraw : ya di niati bro, namanya juga hoby. Hehehehe....

    ReplyDelete
  13. ada celana army pendek warna gelap gag iia??!! weleeeahh*

    ReplyDelete
  14. @Belajar Photoshop : Banyak bang, celana model kayak gitu. Hehehehe....

    @duniaely : Sabar ning, segera tayang koq.

    ReplyDelete
  15. Sempat"nya mendata semua mall. :)
    Di Bali juga sama, dan gag cuma Lebaran saja. tapi Tahun Baru, Natal, Nyepi, Valentine dan banyak lagi :p

    ReplyDelete
  16. @PanDe Baik : Sempat gak sempat sudah hafal Bli Pande. Karena sering main ke mall (gak belanja).

    ReplyDelete
  17. My name is Priscilla and I'm branded content writer of IDNtimes. IDNtimes is the leading online media company, which delivers worth-sharing content to young generation in Indonesia. Last month, we booked 8 millions users and 30 millions pageviews.

    With this, we would like to inform that IDNtimes is featuring your original photos http://arqu3fiq.blogspot.co.id/2011/08/budaya-nge-mall-pada-bulan-ramadhan.html# as part of our content. The credit is still yours and we will put the source appropriately. If you feel uncomfortable and hesitant, please let us know by sending an email to tania@idntimes.com. Thank you for your attention and have a nice day ahead :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...