Saturday, January 31, 2009

City of Ember (2009)





Para Pemain Bill Murray, Tim Robbins,
Saoirse Ronan, Harry Treadaway,
Mackenzie Crook, Tom Hanks,
Gary Goetzman
Sutradara Gil Kenan
Genre Science Fiction/Fantasy
Release 10 Oktober 2008, wide


Cerita di awali dengan adegan seorang Walikota dan rekan-rekannya yang mengaktifkan waktu pada kotak besi yang berisi rahasia kehidupan. Kotak besi itu di aktifkan waktunya mundur dari 200 tahun. Dari tahun ke tahun kotak misterius itu berpindah tangan dari Walikota lama ke Walikota yang baru, hingga mata rantai itu terputus pada pergantian Walikota yang kesekian kalinya dan perhitungan waktu yang di set 200 tahun tadi telah habis menjadi 0 (enol). Kotak besi misterius itu di abaikan saja tanpa ada yang membuka untuk mencari tahu ada apa di balik kotak besi itu. Hingga pada suatu hari nanti ada seorang gadis yang mengetahui rahasia di balik kotak besi misterius itu.


Hari ini adalah hari penentuan pekerjaan bagi lulusan murid-murid sekolah Ember. Lina (Saoirse Ronan) terlambat pada acara pelantikan itu, tapi dia cerdik diam-diam ia menyelinap lewat pintu belakang panggung sehingga tidak diketahui oleh siapa pun kalau dia terlambat. Tibalah saat penentuan pekerjaan. Pemilihan dilakukan dengan jalan lotre. Para siswa/siswi diharuskan mengambil secarik kertas yang diletakkan dalam kantong. Harapan Lina ingin menjadi pengantar pesan, tapi keberuntungan tidak berpihak. Lina terpilih menjadi mekanik pipa di mana pekerjaan itu bertugas memperbaiki kerusakan jaringan pipa yang menopang kehidupan seluruh warga Ember bawah tanah.



Disisi lain, Doon (Harry Treadaway) berharap ingin menjadi mekanik generator tapi keberuntungan juga tidak berpihak. Doon terpilih menjadi pengantar pesan pekerjaan yang di harapkan Lina. Akhirnya mereka sepakat bertukar pekerjaan meski Doon tidak mendapatkan pekerjaan seperti yang di inginkan. Menjadi mekanik pipa lebih baik ketimbang pengantar pesan yang menurut Doon tidak pantas bagi dirinya.

Lina begitu bersemangat menjalani tugas sebagai pengantar pesan kepada semua rakyat Ember yang membutuhkan. Membawa pesan penting kepada orang yang penting termasuk Pak Walikota (Bill Murray). Di rumah tinggallah Nenek Lina yang pelupa dan Adik lina yang bernama Poppy. Ketika kotak itu di ketemukan Nenek Lina begitu senang karena didalam kotak itu terdapat petunjuk yang sangat penting. Tapi Nenek sudah tidak bisa mengingat lagi apa isi dari kotak tersebut. Sampai akhirnya Nenek meninggal karena sakit dan Lina belum memperoleh jawaban apa isi dari kotak itu.

Lina menyelidiki kotak itu mencari tahu apa rahasia di balik kotak hitam yang kusam itu. Dibukalah kotak itu dan Lina menemukan secarik kertas bundar yang sudah sobek-sobek. Lina mencoba menggabungkan potongan-potongan kertas itu untuk mencari tahu petunjuk apa yang tertulis di dalamnya. Lina meminta bantuan pada Doon hingga pada suatu hari mereka berhasil menemukan petunjuk yang tertulis di dalamnya lengkap. Mereka kompak dalam kerja sama demi memecahkan teka-teki untuk bebas dari kota Ember yang kelam.

Dalam misi itu Doon juga menemukan ruang rahasia dalam jaringan pipa yang pada peta telah di hapus gambarnya. Ternyata mereka menemukan Pak Walikota yang berada dalam ruangan rahasia yang penuh dengan persediaan makanan. Lina melaporkan hal itu kepada penasehat Walikota tapi apa? ternyata penasehat Walikota sudah mengetahui hal itu dan Lina di seret ke ruangan Pak Walikota untuk di interogasi.



Ketika Lina sedang di interogasi, Pak Walikota melihat sesuatu yang disembunyikan Lina di balik jubahnya. Ternyata Pak Walikota mengetahui kalau yang disembunyikan di balik jubahnya itu adalah kotak besi seperti yang ada pada lukisan para Walikota pendahulu. Merasa kotak itu sangat berharga Pak Walikota merebutnya dengan paksa. Dalam waktu bersamaan Lina melihat pasangan kunci yang di milikinya ada pada saku Pak Walikota yang di rantai. Seketika itu lampu padam Lina langsung kabur dan merebut kunci dari Pak Walikota yang ada di saku jas bagian depan.

Lina lari sekencang-kencangnya mencari tempat sembunyi di dalam rumah kaca. Mengetahui hal itu Doon langsung menjemput Lina di tempat persembunyian yang telah diberitahukan Lina. Lengkap sudah petunjuk yang didapatkan. Kunci yang baru di dapat di pasangkan dengan kunci yang dimiliki Lina Doon langsung mengetahui petunjuk berupa simbol yang tertera pada kunci setelah kunci di satukan. Karena Doon pernah melihat simbol itu pada ruang generator tempat dia bekerja di jaringan pipa bawah tanah, sehingga tidak perlu lama untuk menuju ke tempat itu.

Sebuah misteri telah terkuak, dengan mengikuti petunjuk yang telah terbaca satu persatu mereka berhasil memcahkan teka-teki yang misterius itu. Berhasilkah mereka keluar dari kota Ember yang sangat pengap itu? Berhasilkah mereka menemukan dunia luar yang ada di permukaan bumi? Tonton segera film menegangkan berjudul "City of Ember" di bioskop kesayangan anda.

Film "City of Ember" sangat bagus aku suka dengan film fiksi ilmiah. Kita disuguhi adegan-adegan yang membuat otak kita berfikir selama menontonnya. Kejadian yang sangat mengejutkan adalah hadirnya binatang pengerat bawah tanah sejenis tikus raksasa. Dilihat dari bentuknya mirip tikus tapi mulutnya berupa moncong gurita, sungguh binatang yang aneh untuk di tampilkan. Sebagus-bagusnya film pasti ada kelemahannya juga tapi itu semua tidak mengurangi nilai ceritanya. Kalau kalian penasaran tonton saja tidak rugi di jamin puas. Selamat menonton.

Copyright © arqu3fiq 2012

2 comments:

  1. one of my favourite movie. karena ada Saoirse Ronan tentunya :)) filmnya bisa dibuat lebih baik lagi. sesudah ending, malah aku merasa, mereka adalah mahluk mahluk mungil, lebih mungil dari tikus. padahal moth-nya ukuran normal. jadi susah membayangkan, ini genre survive atau fantasy. jadi rasa fantasy film ini butuh diperbanyak lagi. tapi tetap jadi film favoritku karena ide cerita-nya bagus. kapan dibuat sequelnya, dari dulu tak tunggu2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow...penggemar film Saoirse Ronan. Padahal aku sendiri gak ngerti yang mana itu orangnya. Aku nonton cuman buat hiburan saja dan kebetulan bagus filmnya.

      Untuk sequelnya...kapan di buat? emang ada?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...