Saturday, February 23, 2008

Virus Jahat Hinggap Di Komputerku

Waduh... Apa yang terjadi dengan Komputerku? Tiba-tiba folder berubah menjadi extensi exe, trus lagu-lagu juga berubah menjadi extensi bitmap. Setelah aku melakukan investigasi ternyata komputerku terjangkit virus "ZUL". Entah aku tidak tahu virus apaan lagi itu.

Itu terjadi ketika aku berinternet ria dengan chandra di "METEOR NET" pada hari kamis 21 februari. Waktu itu kami sedang asyik dowload apps untuk ponsel kita masing-masing. Setelah kami selasai mendownload lalu kemudian di save di flashdisc tanpa kami sadari bahwa komputer di warnet itu sudah terjangkit virus "ZUL" tadi.

Sesampainya di rumah aku memasukkan flashdisc ke komputer, sebelumnya aku scan dulu mengunakan AVG anti virus yang masih update. Dan hasilnya nihil flashdisc ku tidak terjangkit virus. Tapi selidik punya selidik ternyata itu AVG anti virus sudah rusak alias tidak berfungsi lagi jadi kelihatan update terus padahal sudah kadaluarsa atau expired.

Aku jadi kalut dan bingung data lagu hasil dowload ku berubah menjadi format bitmap dan semua folder berubah extensi menjadi exe. Koq bisa ya mp3 ku berubah menjadi file bitmap. Aku coba buka file mp3 yang sudah berubah menjadi file bitmap hasilnya berupa sebuah gambar satu garis lurus memanjang ke atas. Aneh bin ajaib.

Aku tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Setelah aku di beri saran oleh temanku untuk mendownload ANSAV anti virus yang terbaru. Kemudian aku mencoba mencari ANSAV anti virus di internet. Aku belum tau alamat apa jelasnya tapi untunglah pada saat aku mendownload si ANSAV itu temanku kebetulan juga sedang online di Yahoo Messanger, sehingga aku bisa bertanya langsung versi yang mana yang harus aku download dan bagaimana cara menggunakannya.

Akhirnya kelar sudah aku mendownload si ANSAV itu tadi, tidak begitu banyak jumlah filenya hanya 1,sekian MB tapi yang paling lama yaitu download update AVG anti virus untuk AVG yang sudah rusak tadi.

Sesampainya di rumah aku langsung mengupdate AVG yang mati itu. Tapi virus "ZUL" itu tidak terdeteksi lalu kemudian aku scan mengunakan ANSAV dari hasil download. Ternyata Virusnya terdeteksi semua dan hilang dari peredaran. Tapi file sistem ada yang hilang sehingga Windows™ nya tidak bisa di buka lagi dan akhirnya MATOT alias Mati Total. Dan aku tidak bisa berbuat apa-apa lagi selain di bawa ke service komputer.

Mungkin ini pelajaran yang paling berharga buatku untuk berhati-hati sebelum memasukkan data dan berhati-hati dalam menyimpan data di rental-rental Warnet yang terserang Virus yang membuat puzing tujuh keliling.

Copyryght © arqu3fiq 2008

1 comment:

  1. adiuhh,komputerq jg kasusnya sama ky gini deh kak..
    Masa sad ending sih?? masuk bengkel?? oh,no!!!

    truz file mp3 bisa balik lg ga??
    q sebel laguq jd bitmap smua!!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...